Menteri ESDM Lantik 362 Pejabat Eselon III dan IV

Selasa, 23 Juni 2015 | 09:30 WIB | Ferial

EBTKE-- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Sudirman Said melantik 362 pejabat eselon III dan IV dilingkungan Kementerian ESDM.

Pelantikan dilakukan di halaman Gedung Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM), Senin petang 22 Juni 2015. "Pelantikan ini merupakan bagian penutup dalam konsolidasi organisasi setelah dalam proses panjang kita melakukan penyegaran di eselon I dan II hari ini penyegaran eselon III dan IV,"kata dia.

Pelantikan eselon III dan IV hari ini terdiri dari, eselon III yang mendapat promosi sebanyak 31 pegawai, mengalami rotasi internal 79 pegawai, mutasi antar unit 17 orang dan tetap pada posisinya sebanyak 76 pegawai dan yang dikosongkan saat ini 4 posisi. Ada 9 pejabat eselon III yang diberhentikan dari jabatannya sebagai keputusan dari Baperjakat.

Sedangkan untuk eselon IV, yang diberhentikan dari jabatan karena masalah kinerja sebanyak 40 pegawai, dipromosikan ada 95 orang, mengalami rotasi internal 169 pegawai, mutasi antar unit 15 pegawai dan tetap pada posisinya 196 pegawai. Dengan demikian keseluruhan ada 60 persen seluruh pejabat struktural yang mendapatkan tugas baru baik karena promosi maupun mutasi mapun karena mutasi internal.

“Ini sejarah bagi ESDM, tidak ada perombakan dan pelantikan sebanyak ini. Ada banyak proses yang akan kita benahi dan saya kira baik bagi kita semua termasuk saya, sekali-kali bergeser ke satu tempat untuk melihat dengan kacamata baru, punya teman baru, punya pekerjaan baru supaya kepala dan hati kita tertantang dengan tantangan-tantangan baru,"ujar Sudirman.

Jumlah pegawai Kementerian ESDM saat ini berjumlah 6305 pegawai, ditambahkan CPNS sebanyak 1181 CPNS yang terdiri dari, 471 CPNS tahun 2013 dan 710 CPNS tahun 2014. “Jika 6.000 ini melalu proses penyegaran dari segi cara pandang, tantang dan lain sebagainya saya kira Kementerian ini akan bergerak cepat, lebih cepat dari yang sudah-sudah,” tambah Sudirman.

Sudirman Said mengharapkan penyegaran organisasi ini dapat membuat Kementerian ESDM semakin kuat, solid dan mampu memenuhi harapan-harapan masyarakat. “Saya berharap angka ini betul betul menyegarkan suasana birokrasi kita,” pungkasnya.


Contact Center