2016 Akan Dibangun PLTBg Di Kalimantan

Jumat, 18 Desember 2015 | 09:16 WIB | Ferial

EBTKE-- Pemerintah akan membangun tiga unit pembangkit listrik biogas berbasis limbah cair sawit (Palm Oil Mill Effluent / POME) dengan kapasitas masing - masing 1 megawatt (MW) di di Provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur pada tahun depan.

"Pembangunan ini menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN),"kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi Rida Mulyana di Palembang, Kamis, 18 Desember 2015.

Menurut dia, pada tahun - tahun sebelumnya pemerintah juga membangun PLTBg POME dengan menggunakan APBN seperti pada tahun 2013, telah dilakukan pilot project pemanfaatan limbah cair sawit untuk Pembangkit Listrik Perdesaan di desa Rantau Sakti kecamatan Tambusai Utara kabupaten Rokan Hulu provinsi Riau dengan kapasitas terpasang sebesar 1 MW off grid dan digunakan untuk mengalirkan listrik kepada 1.050 keluarga. "Kegiatan ini merupakan kerjasama antara pemerintah pusat c.q Ditjen EBTKE KESDM, pemerintah daerah Kabupaten Rokan Hulu Riau dan pihak swasta Pabrik Kelapa Sawit PT. Arya Rama Prakarsa,"tambah Rida.

Kemudian, lanjutnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melakukan Pembangunan PLT Biogas POME melalui Penyertaan Modal Pemerintah Pusat kepada PTPN II di Pagar Merbau dan Kwala Sawit dengan kapasitas masing-masing 1 MW, rencananya akan dihubungkan dengan jaringan PLN Wilayah Sumatera Utara namun sebelum dilaksanakan pembangunan, telah ditandatangani Perjanjian Kerjasama antara Ditjen EBTKE dan PTPN II.

"Sementara pada tahun ini sedang dilakukan kegiatan lanjutan berupa comissioning melalui kegiatan konsultasi pengoperasian pembangkit listrik tenaga biogas,"papar Rida.

Selain dengan APBN, kata dia, pihaknya juga membuka peluang swasta untuk membangun PLTBg POME terbukti saat ini ada beberapa PLTBg milik swasta yang telah beroperasi yaitu diantaranya PLTBg milik PTPN V Tandun Riau kapasitas 1 MW off grid, lalu PTPN X Sidoarjo kapasitas 2 MW off grid, Austindo Bangka Belitung kapasitas 1,2 MW on grid serta PT Rea Kaltim Plantation Kutai kapasitas terpasang 7 MW Off Grid PLN. "Saat ini terdapat 9 perusahaan kelapa sawit yang mengajukan penetapan pengembang PLTBg POME dengan total kapasitas 17,85 MW,"pungkas Rida.

 

I


Contact Center