Ujicoba B20 Akan Tempuh Jarak 4.000 Km

Rabu, 27 Januari 2016 | 13:35 WIB | Ferial

EBTKE-- Menteri Koordinator Perekonomian (Menko perekonomian) Darmin Nasution melepas rombongan tim ujicoba pemanfaatan biodiesel (B20) dengan rute Jawa - Bali.

Pelepasan tersebut turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana, Direktur Utama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Bayu Krisnamurthi, dan Dewan Pengawas BPDPKS Rusman Heriawan.

"Kenapa perlu roadshow, karena di masyarakat kita suka ada isu - isu aneh pakai biosolar, bisa berdampak negatif dengan mesin kendaraan, kita tunjukan ini baik - baik saja,"kata Darmin dalam sambutannya usai melepas rombongan di Gedung Dhanapala, Komplek Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu, 27 Januari 2016.

Darmin menjelaskan, dengan harga kelapa sawit di pasaran saat ini yang cenderung rendah maka dengan adanya program mandatori pemanfaatan B20 akan mengkereka harga kelapa sawit lebih baik lagi."Dengan begitu akan mensejahterakan petani maupun mereka yang bergerak di sektor industri,"katanya.

Untuk roadshow kali ini akan 14 rombongan kendaraan akan menempuh jarak 4.000 km dengan rute Jakarta - Tegal - Semarang - Surabaya - Jember - Malang - Solo - Yogyakarta - Dieng - Bandung - Serang - Merak terakhir Bali dan kembali lagi ke Bandung mulai 27 Januari 2016 hingga 11 Februari 2016.

Tim ini dibekali perlengkapan lebih lengkap antara lain tim yang akan mensosialisasikan bagaiamana B20, proses terjadinya B20 dan bedanya dengan Dex Solar.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana mengatakan dukungan sisi teknis dari Kementerian ESDM untuk program B20 telah dilakukan sejak tahun 2013 dimana telah memfasilitasi uji jalan pemanfaatan B20 pada kendaraan yang didukung oleh Gaikindo, Pertamina, BPPT, IKABI dan Aprobi serta stakeholder biodiesel lainnya. "Hasil kajian dan uji jalan membuktikan bahwa pemanfaatan biodiesel dapat dilakukan pada kendaraan/mesin diesel sampai dengan B20 tanpa ditemukan masalah yang signifikan atau modifikasi mesin,"pungkasnya.


Contact Center