2016, Presiden Minta KESDM Realisasikan Proyek 90 Persen

Senin, 29 Februari 2016 | 13:15 WIB | Ferial

EBTKE-- Presiden Joko Widodo meminta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) bisa merealisasikan proyek pembangunan pada 2016 di atas 90 persen.

"Tahun kemarin realisasi nya baru 64 persen, tadi saya sudah bisikin Menteri - nya tahun ini harus diatas 90 persen,"kata dia di Gedung Kementerian ESDM, Senin, 29 Februari 2016.

Dia menilai selama ini Kementerian ESDM menganggap kebanyakan proyek sudah dikerjakan oleh swasta dan badan usaha milik negara (BUMN) padahal masih banyak proyek yang perlu mendapat perhatian seperti listrik perdesaan, listrik di Indonesia timur dan pipa gas rumah tangga. "Sampai kapan pun jika tidak dikerjakan dan ditumpukkan pada swasta maka tidak akan selesai, cepat dikerjakan, diselesaikan," tegas Joko Widodo.

Joko Widodo meminta dalam pembangunan proyek di Kementerian ESDM dapat ditekankan pada tiga hal pertama, penyerapan tenaga kerja semaksimal mungkin, kemudian libatkan kontraktor lokal daerah setempat serta mengutamakan tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

"Libatkan kontraktor lokal sehingga uangnya bisa berputar di daerah dan membangun daerah," katanya.

Pemerintah, tambahnya, telah menegaskan bahwa 2016 sebagai tahun percepatan kerja dengan mendorong seluruh kementerian mempercepat penandatanganan kontrak pembangunan.

"Tidak usah seperti dulu-dulu, kalau tanda tangan pasti Juli, September, Agustus. Nanti kejar-kejarannya baru pada November atau Desember, tetapi tetap harus mengutamakan kualitas hasil proyek" pungkas dia.

 


Contact Center