Menteri Baru Bakal Benahi Sumber Daya Manusia dan Pola Pikir

Jumat, 29 Juli 2016 | 17:20 WIB | Ferial

EBTKE-- Setelah dilantik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) pada Rabu, 27 Juli lalu menggantikan Sudirman Said, setumpuk pekerjaan rumah telah menanti Arcandra Tahar.

Dalam temu dengan media di Kementerian ESDM, Jumat, 29 Juli 2016, Arcandra mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pembenahan dari sisi proses bisnis dan transparansi accountability. "Definisikan ulang bisnis proses dan transparan accountability,"kata dia.

Selain itu, lanjut Acandra, kepemimpinan juga akan berusaha mengubah pola pikir (mindset) semua pihak yang terkait dalam sektor energi dan sumber daya mineral mulai dari stakeholder hingga regulator untuk menerima teknologi sebagai solusi untuk meningkatkan sumber daya energi di Indonesia terutama minyak. "Selama ini kita berpaku dengan teknologi yang ada, untuk itu mungkin produksi yang menurun akan semakin menurun, karena cadangan besar, geologi yang mudah sudah tidak ada lagi, temuan- temuan besar sudah tidak ada lagi, mari ubah mindset, kalau kita tidak mencoba hal - hal baru mungkin memang ada risiko tapi kalau khawatir terus kapan akan kita mendapatkan sesuatu yang lebih baik,"paparnya.

Menurut dia, disamping mengubah mindset hal lain yang patut dibenahi dan ditingkatkan adalah kompetensi sumber daya manusia. "Sebagai regulator kita harus mempunyai kompetensi, ilmu, skill tanpa itu sebagai regulator kita bisa gagap, jika demikian bagaimana bisa memutuskan sesuatu,"tutur Arcandra.


Contact Center