Koordinasi Pengembangan WKP Ciremai

Senin, 19 September 2016 | 16:46 WIB | Ferial

EBTKE-- Direktur Panas Bumi, Yunus Saefulhak bersama Tim Direktorat Panas Bumi melakukan kunjungan kerja ke kantor Bupati Majalengka dan Bupati Kuningan dalam rangka koordinasi pengembangan panas bumi dan rencana pelelangan wilayah kerja panas bumi (WKP) Gunung Ciremai yang berlokasi di Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Kunjungan ini dilakukan pada 14 September 2016 dan bertujuan untuk meminta dukungan Pemerintah Daerah, dalam hal ini Bupati Majalengka dan Bupati Kuningan, terkait dengan adanya penolakan sebagian masyarakat terhadap pengembangan panas bumi di WK Panas Bumi Gunung Ciremai pada saat pelelangan sebelumnya hingga mengakibatkan pemenang lelang mengundurkan diri sebagai pemenang lelang WK Panas Bumi Gunung Ciremai tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Panas Bumi dan Tim Direktorat Panas Bumi ke Pemerintah Kabupaten Majalengka yang diterima langsung oleh Bupati Majalengka Sutrisno, turut mendampingi Wakil Bupati Majalengka Karna Sobahi dan Sekretaris Daerah Kabupaten Majalengka, Ahmad Sodikin, di kantor Bupati Majalengka.

Pada pertemuan tersebut, pemerintah pusat menyampaikan rencana pengembangan panas bumi di Indonesia dan rencana pelelangan WK Panas Bumi Gunung Ciremai.

Bupati Majalengka menyambut baik pengembangan panas bumi dan rencana pelelangan WK Panas Bumi Gunung Ciremai yang akan dilaksanakan oleh Kementerian ESDM.

Dukungan Bupati Majalengka tersebut akan disampaikan langsung pada saat sosialisasi pelelangan WK Panas Bumi Gunung Ciremai kepada masyarakat di Kabupaten Majalengka.

Setelah melakukan kunjungan ke Majalengka, dihari yang sama, Direktur Panas Bumi beserta Tim Direktorat Panas Bumi melakukan kunjungan kedua kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan yang diterima langsung oleh Bupati Kuningan, Acep Purnama, turut serta dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Yosep Setiawan dan seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kantor Bupati Kuningan.

Dalam kunjungan ini, Yunus menyampaikan paparan mengenai Kebijakan Panas Bumi di Indonesia dan rencana pelelangan WK Panas Bumi Gunung Ciremai. Penolakan masyarakat terkait rencana pengembangan WK Panas Bumi Gunung Ciremai sebelumnya sebagian besar dilakukan oleh masyarakat di Kabupaten Kuningan. Setelah pemaparan tersebut, Bupati Kuningan meminta kepada Kementerian ESDM untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat, SKPD, dan anggota DPRD di Kabupaten Kuningan.

Sosialisasi yang akan diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif terkait manfaat pengembangan panas bumi sehingga tidak mudah terprovokasi oleh pihak-pihak yang menolak rencana pengembangan panas bumi di WK Panas Bumi Gunung Ciremai tersebut.

Dukungan masyarakat untuk pengembangan WK Panas Bumi Gunung Ciremai sangat diharapkan sehingga kegiatan panas bumi dapat berjalan lancar dan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat di Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan.

Sumber : Direktorat Panas Bumi


Contact Center