104 Industri Telah Lapor Besaran Penggunaan Energi

Jumat, 30 September 2016 | 17:48 WIB | Ferial

EBTKE-- Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) mencatat terdapat 244 industri dengan konsumsi energi di atas 6000 tonne of oil equivalent (toe).

Berdasarkan data yang ada dari 244 industri tersebut yang telah melaporkan penggunaan energinya sebanyak 104 industri sementara yang belum melaporkan penggunaan energinya 140 industri.

Industri yang telah melaporkan penggunaan energi nya yaitu bidang besi dan baja dengan jumlah 8 industri, kemudian kendaraan bermotor berjumlah 6 industri, 6 industri yang bergerak di bidang kimia, lalu 3 industri makanan.

Disamping itu 2 industri minuman, 8 industri manufaktur, 5 industri kimia, 11 industri pulp & kertas, 4 industri pupuk, 2 industri rokok, 6 industri semen, 8 industri tekstil, 17 industri pertambangan dan mineral, terakhir 19 industri yang bergerak di bidang pembangkit.

Sedangkan total jumlah manajer energi yang telah memiliki sertifikasi kompetensi dari tahun 2012 - 2016 berjumlah 278 orang, sementara untuk auditor energi dengan sertifikasi kompetensi dalam kurun waktu yang sama sebanyak 163 orang. Adapun untuk audit energi telah dilaksanakan pada 1.274 objek.

Pemerintah melakukan berbagai upaya guna mencapai target yang dicanangkan dalam penghematan energi melalui konservasi energi dengan melakukan langkah - langkah diantaranya melanjutkan penyusunan/perbaikan kebijakan regulasi di bidang konservasi energi, lalu melaksanakan seminar/ workshop, penayangan iklan tentang penghematan energi di koran dan media elektronik, brosur, buletin dan lain - lain.

Langkah lain, melaksanakan lomba hemat energi tingkat nasional dan berpartisipasi pada ASEAN Energy Award for Building energy management, melaksanakan home and school energy champion dan program sosialisasi hemat energi di Lingkungan Sekolah Dasar, dan terakhir Kampanye Perubahan Perilaku "Potong 10%".

Sumber : Direktorat Konservasi Energi