Ditjen EBTKE Partisipasi Dalam Turnamen Futsal UNDP

Senin, 21 November 2016 | 14:07 WIB | Ferial

EBTKE-- United Nations Development Programme (UNDP) bekerjasama dengan Kedutaan Besar Denmark di Indonesia menyelenggarakan turnamen futsal yang mengusung tema "Sustainable Development" di Kirana Park Avenue Futsal, Kelapa Gading, Jakarta, Sabtu, 19 November 2016 lalu.

Turnamen tersebut diikuti oleh 16 tim dari berbagai unsur yaitu Pemerintahan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Perguruan Tinggi, Kedutaan Besar dan Media Massa.

Pemerintahan diwakili oleh Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres), lalu , Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Ditjen EBTKE KESDM), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sementara DPR diwakili oleh Sekretariat Jenderal (Setjen).

Selain itu, LSM diwakili oleh Indonesia Corruption Watch (ICW), Perguruan Tinggi diwakili oleh Universitas Indonesia (UI), lalu dari kedutaan besar turut berpartisipasi Kedutaan Besar Denmark, Amerika Serikat dan Kedutaan Besar Belanda. Kemudian media massa diwakili oleh Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara dan Metro TV dan terakhir dari UNDP sendiri yang mengirimkan dua tim.

Dalam turnamen tersebut, tim Kedutaan Besar Denmark keluar sebagai juara setelah mengalahkan tim dari Metro TV dengan skor tipis 3-2.

UNDP Indonesia Country Drector, Cristophe Bahuet dalam sambutannya mengatakan, tujuan diadakan pertandingan futsal ini guna mendukung program Sustainable Development Goal (SDG) yang diadopsi tahun lalu di Kantor Pusat Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB), New York.

"Setelah futsal ini semua diharapkan semua siap menjadi pembicara untuk SDG di seluruh Indonesia dan siap membantu tindakan nyata mendukung SDG untuk mencapai tujuan SDG di seluruh Indonesia,"kata dia.

Christophe menjelaskan program SDG memiliki tujuan sederhana yaitu memperbaiki kehidupan manusia di muka bumi agar dunia lebih adil dan tercapai kesejahteraan yang lebih merata. "SDG bertujuan mengurangkan kemiskinan, melindungi planet kita , menjamin pendidikan yang layak untuk anak - anak, akses air bersih untuk keluarga,"tambahnya.

Guna mencapai tujuan tersebut, menurut Christophe pihak - pihak di Indonesia diharapkan secara aktif dalam program SGD baik pemerintah, swasta, masyarakat biasa, media atau mitra - mitra lainnya.

"UNDP juga berperan aktif dengan banyak proyek di seluruh Indonesia kami percaya SDG bukan mimpi dan menjadi kenyataan dunia berkomitmen melakukan aksi,"pungkasnya.

 


Contact Center