Pertamina Gandeng NU Jalin Kerjasama Pengembangan Ekonomi Umat Berbasis Energi

Rabu, 4 Januari 2017 | 15:48 WIB | Ferial

EBTKE-- PT Pertamina (Persero) gandeng Nahdlatul Ulama (NU) untuk melakukan kerjasama pengembangan ekonomi umat terkait dengan pemanfaatan energi dan pengabdian masyarakat.

Kerjasama tersebut diwujudkan dengan ditekennya nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) yang diteken oleh Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Ketua Umum Pengurus Besar NU Said Aqil Siroj di Kantor PBNU Jakarta hari Rabu, 04 Januari 2016.

Vice President Corporate Communication Pertamina Wianda Pusponegoro mengatakan dengan basis dukungan masyarakat yang mencapai lebih dari 40 juta jiwa berbagai lapisan kalangan, menjadikan NU sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan yang cukup berpengaruh di Indonesia, baik dalam konteks sosial maupun ekonomi. Dengan posisi tersebut, Pertamina sebagai BUMN energi Indonesia tergerak untuk bekerjasama dalam melakukan optimalisasi pengembangan, pemanfaatan, dan konservasi energi.

“Dengan nota kesepahaman ini diharapkan melahirkan sinergi dan kerjasama antara Pertamina dan NU dalam upaya pengembangan ekonomi umat dengan fokus utama pada sektor energi dan pengabdian masyarakat,” kata dia seperti dilansir dari Siaran Pers yang diterima oleh media.

Lingkup potensi kerjasama, lanjut Wianda, untuk nota kesepahaman yang berlaku selama lima tahun ini meliputi pengembangan usaha niaga, investasi, dan pembangunan pada sektor migas; pengembangan, investasi dan pemanfaatan energi baru dan terbarukan serta konservasi energi; dan pengabdian masyarakat yang diorientasikan pada peningkatan kualitas sumber daya manusia, lingkungan dan kemaslahatan umat.