Kenalkan Konservasi Energi Kepada Mahasiswa, Pemerintah Laksanakan Konservasi Energi Goes to Campus

Sabtu, 22 April 2017 | 09:30 WIB | Nicko Yoga Permana

EBTKE-- Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) menyelenggarakan Konservasi Energi Goes to Campus pada Selasa, 18 April 2017 di Universitas Dipenogoro, Semarang, Jawa Tengah.

Tema utama yang diangkat antara lain Pengenalan dan Prinsip-prinsip Konservasi Energi, Manajemen Energi ISO 500001, Audit energi dan Peluang serta Profesi terkait Konservasi Energi, dan Best Practice Penerapan Konservasi Energi dari PT Phapros, Tbk.

Kegiatan ini merupakan upaya Pemerintah untuk mensosialisasikan konservasi energi kepada para mahasiswa sebagai agen perubahan sehingga diharapkan dapat menerapkan perilaku konservasi energi, khususnya mahasiswa Fakultas Teknik.

"Kami berharap para peserta dapat mengenal serta memahami pentingnya konservasi energi serta dapat menerapkannya tidak saja dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga kelak saaat memasuki dunia kerja", kata Direktur Konservasi Energi dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kasubdit Pengawasan Konservasi Energi.

Konservasi Energi sendiri merupakan salah satu kebijakan utama Pemerintah untuk melaksanakan Kebijakan Energi Nasional. Kebijakan Konservasi Energi di sisi penggunaan adalah upaya terpadu dan sistematis untuk melestarikan sumber daya energi dan meningkatkan efisiensi pemanfaatannya.

Program konservasi energi yang telah dilakukan Pemerintah antara lain Penerapan Manajemen Energi, Manajer dan Auditor Energi, Standar dan Label, Program Kemitraan/Audit Energi dan Investment Grade Audit, beberapa pilot project seperti implementasi Penerangan Jalan Umum (PJU) Hemat Energi, Green Chiller dan pemanfaatan refrigerang Hidrokarbon di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Geudng Pertamina, PT Phapros, dan Universitas Indonesia, serta kegiatan peningkatan kesadaran publik. 

Melalui Konservasi Energi Goes to Campus, mahasiswa sebagai generasi penerus dapat terdorong untuk melakukan langkah-langkah konservasi energi, mulai dari hal-hal kecil yang memberikan dampak, seperti perubahan perilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari serta langkah-langkah konservasi energi di sektor industri nantinya. (RWS)

 


Contact Center