Peluncuran Lomba Hemat Energi Untuk SMP Dan SMA di Kota Palembang

Senin, 24 Juli 2017 | 11:32 WIB | Bambang Wijiatmoko

Palembang, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi, menyelenggarakan Peluncuran Lomba Hemat Energi di Sekolah untuk SMP dan SMA di Palembang, Kamis (20/7).

Peluncuran Lomba Hemat Energi di Rumah dan Sekolah dibuka oleh Gita Lestari Kepala Sub Direktorat Bimbingan Teknis dan Kerjasama Konservasi Energidan mewakili Plt. Direktur Konservasi Energi dan dihadiri oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan, Dinas Pendidikan Kota Palembang, Dinas ESDM Provinsi Sumatera Selatan, dan peserta Lomba yang terdiri dari siswa dan guru, serta undangan lain.

Gita mengatakan bahwa perilaku hemat energi merupakan kewajiban bersama seluruh masyarakat. Saat ini kita masih tergolong boros dalam menggunakan energi. Hal ini ditunjukan dengan tingkat konsumsi energi yang cukup tinggi. Untuk itu perubahan perilaku menjadi penting. Perubahan perilaku dapat dilakukan dengan efektif melalui pembiasaan atau sering juga disebut learning by doing. Kegiatan ini dimaksudkan agar siswa sekolah dapat memahami dan mempraktekkan pengetahuannya tentang konservasi energi.

Lomba yang telah diselenggarakan sejak tahun 2012 ini terus dilaksanakan sebagai upaya untuk membentuk budaya hemat energi di kalangan siswa SMP dan SMA sebagai generasi muda yang dapat menjadi agent of change. Pada tahun ini, Lomba Hemat Energi di Sekolah untuk SMP dan SMA dilaksanakan di lima kota, yaitu Palembang, Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Pelaksanaan lomba di kota tersebut diikuti oleh 30 sekolah di masing-masing kota.

Lomba akan berlangsung selama tiga bulan, mulai dari pertengahan bulan Juli sampai Oktober . Mengawali rangkaian lomba, telah dilakukan pembekalan berupa Training of Trainer tentang langkah-langkah penghematan energi bagi para guru sebagai manajer energi. Selama periode lomba, para guru dan siswa ditantang untuk berkreasi dan berinovasi untukmenerapkan dan menyebarkan perilaku hemat energi baik di rumah maupun sekolah. Selain itu, setiap bulannya para siswa akan mengikuti berbagai kompetisi bulanan, yaitu kompetisi membuat video, jingle, mural, arsitektur, artikel, dan fotografi dengan tema hemat energi.

 

Selama proses lomba ini, para siswa, guru, manajemen sekolah, dan orang tua diharapkan dapat berpartisipasi aktif dan memberikan dukungan terhadap siswa dalam kegiatan ini sehingga budaya hemat energi dapat berkembang dengan baik di lingkungan rumah maupun sekolah. (BW)


Contact Center