Ajak Generasi Muda Jadi Agent of Change, KESDM Kenalkan EBTKE pada Raimuna Nasional XI

Rabu, 16 Agustus 2017 | 16:27 WIB | Rakhma Wardani

Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE ikut serta dalam kegiatan Global Development Village (GDV) pada acara Raimuna Nasional XI yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Cibubur pada tanggal 15-19 Agustus 2017. GDV merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan mengenai isu yang sedang berkembang di dunia kepada para peserta Raimuna Nasional.

Ditjen EBTKE bersama dengan 23 Kementerian atau Instansi lainnya turut dalam GDV dengan mengusung tema yang berbeda-beda. Sebanyak 1341 peserta Raimuna Nasional secara bergantian akan mengunjungi 24 sanggar tersebut. Sanggar Ditjen EBTKE sendiri terletak di Zona 3 dengan kode GDV 16.

Dengan tema "Teknologi Hemat Energi", sanggar Ditjen EBTKE tidak saja memberikan pengetahuan tentang hemat energi, tetapi juga memperkenalkan informasi umum seputar energi baru dan terbarukan melalui diskusi interaktif dan tampilan informasi yang menarik. Melalui penyampaian informasi ini, peserta Raimuna Nasional XI dapat memahami pentingnya perilaku hemat energi beserta langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk berhemat energi.

Agar mendapatkan pengalaman yang lebih nyata, para peserta berkesempatan untuk melakukan praktek langsung  melihat teknologi hemat energi, seperti teknologi yang digunakan oleh lampu hemat energi. Selain itu, Ditjen EBTKE juga membuat permainan menarik yang dapat memperluas pengetahuan peserta mengenai EBTKE.

Melalui keikutsertaan ini, Ditjen EBTKE berharap peserta Raimuna Nasional XI yang merupakan generasi muda dapat menjadi agent of change implementasi hemat energi secara khusus dan memahami pentingnya pemanfaatan EBT secara umum demi keberlanjutan energi Indonesia di masa depan.  (RWS)