Bangun Generasi Hemat Energi, KESDM Sosialisasikan Konservasi Energi Kepada 30 SD di Makassar

Selasa, 29 Agustus 2017 | 12:46 WIB | Rakhma Wardani

Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE kembali melaksanakan kegiatan Sosialisasi Program Konservasi Energi di Lingkungan Sekolah di Sekolah Dasar (SD) pada Selasa (29/8). Kali ini, Sosialisasi dilaksanakan di SD Unggulan Monginsidi I Makassar dengan dihadiri peserta sekitar 1000 siswa yang mewakili 30 SD di kota Makassar dengan 60 guru pendamping.

Setelah sebelumnya kegiatan serupa dilaksanakan di Surabaya dan Denpasar, Makassar menjadi kota tujuan ketiga untuk mensosialisasikan pentingnya hemat energi melalui rangkaian acara yang dirancang sesuai dengan karakteristik anak-anak yang dinamis, ceria, dan penuh rasa ingin tahu. Kegiatan ini diisi juga dengan berbagai macam lomba, dongeng, sulap, dan pameran yang berkaitan dengan tema hemat energi. Lomba yang diselenggarakan antara lain lomba ranking satu, menggambar dan pidato dengan tema hemat energi.

Program sosialisasi konservasi energi telah dimulai sejak tahun 2012 dan pada tahun ini akan diselenggarakan di empat provinsi di Indonesia, yaitu Jawa Timur (Surabaya), Bali (Denpasar), Sulawesi Selatan (Makassar), dan Sumatera Utara (Medan).   

Melalui kegiatan ini, siswa SD sebagai generasi muda dapat memahami pentingnya konservasi energi dan mengaplikasikan perilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan rumah maupun sekolah. Guru pendamping diharapkan dapat menjadi contoh dan membantu implementasi hemat energi di lingkungan kelas sehingga mampu membantu menumbuhkan budaya hemat energi dimanapun siswa berada.

Program ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Gerakan Hemat Energi “Potong 10%” yang telah dicanangkan Pemerintah pada tahun 2016 untuk mencapai target penurunan 10% konsumsi energi khususnya listrik di rumah tangga, industri, bangunan/gedung, transportasi dan fasilitas umum melalui aksi bersama semua komponen masyarakat. (RWS)



Contact Center