Yang Muda, Yang Cerita

Jumat, 15 September 2017 | 10:49 WIB | Rakhma Wardani

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) melaksanakan Final Kompetisi Blog #15HariCeritaEnergi Dengan Tema: Energi Terbarukan dan Konservasi Energi di Balai Kartini, Jakarta pada Kamis, 14/9.

Kegiatan ini merupakan tahap akhir dari rangkaian Kompetisi Blog #15HariCeritaEnergi yang dimulai sejak 15 Agustus 2017. Final kompetisi dilaksanakan pada sesi Youth dan CSO Forum dalam rangkaian penyelenggaraan Indo EBTKE Conex 2017 in conjunction with Bali Clean Energy Forum (BCEF) 2017 pada tanggal 13-15 September 2017. Kompetisi ini sendiri merupakan kerja sama antara KESDM dengan International Energy Agency (IEA).

Dalam kesempatan ini 10 peserta diwajibkan melakukan presentasi selama kurang lebih 3 menit (elevator pitch mode) terkait #15HariCeritaEnergi yang telah ditulis pada periode 17-31 Agustus 2017. Sepuluh finalis yang diundang memiliki latar belakang pendidikan, profesi, dan cerita yang berbeda. Mereka juga menyajikan presentasi dengan bahan yang dibuat semenarik mungkin. Hadir sebagai narasumber Awang Riyadi dari Direktorat Jenderal EBTKE dan Kieran Clarke dari IEA. Sementara juri penanggap terdiri dari Dadan Kusdiana (Kepala Biro Kerja Sama, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama KESDM), Sugeng Mujiyanto (Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Ketenagalistrikan EBTKE), dan Ananda Setyo Ivannanto (Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia).

Secara umum, finalis menyampaikan pandangan, harapan, dan terobosan mereka tentang pentingnya pemanfaatan energi terbarukan (EBT) sebagai sumber energi alternatif dan penerapan konservasi energi (KE) di Indonesia. Mereka sebagai kaum milenial menceritakan kepedulian dan peran serta generasi muda dalam membawa indonesia yang lebih baik khususnya dalam menghadapi kondisi keenergian saat ini.

Persyaratan peserta antara lain WNI berusia 18-30 tahun dan berdomisili di Indonesia, memiliki kanal blog dan media sosial aktif dengan follower minimal 500 orang, dan aktif di forum online. Peserta diwajibkan menulis minimal satu tulisan di blog masing-masing selama 15 hari berturut-turut yang tidak harus berseri, tetapi tetap mengangkat tema energi baru terbarukan dan konservasi energi. Penulisan cerita dimulai sejak tanggal 17-31 Agustus 2017.

Hasil penjurian menetapkan Luca Cada Lora, Yoga Pratama, dan Marlistya Citraningrum sebagai pemenang Kompetisi Blog #15HariCeritaEnergi dan berhak memperoleh grand prize pemenang yaitu mengunjungi kantor pusat IEA di Perancis .

Melalui kegiatan ini Pemerintah berharap generasi milenial yang adaptif terhadap kecepatan informasi dan kemajuan teknologi dapat berperan dalam komunitas dan lingkungannya yang lebih luas untuk menyebarkan pemikiran yang sama mengenai pentingnya pemanfaatan dan pengembangan EBT serta penerapan konservasi energi. (RWS)