Kementerian ESDM Gelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2017

Kamis, 28 September 2017 | 09:58 WIB | Rakhma Wardani

Jakarta, Dalam rangkaian Hari Jadi Pertambangan dan Energi Ke-72, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar Malam Penganugerahan Penghargaan Subroto 2017. Perhelatan ini dibuka oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan di XXI Ballroom, Djakarta Theater, Jakarta, Rabu (28/9).

Jonan mengatakan, pihaknya akan membiasakan diadakannya penghargaan bagi pejuang energi di Indonesia. "Penghargaan dimulai tahun ini dan akan diadakan terus, " ujarnya.

Penghargaan Subroto 2017 merupakan perhelatan pertama yang mempertemukan semua penghargaan energi di lingkungan Kementerian ESDM, yang sebelumnya diselenggarakan secara terpisah. Beberapa penghargaan energi tersebut yakni Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN), Penghargaan Pengelolaan Bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Serta Lindungan Lingkungan (K3LL) Panas Bumi, Penghargaan Wartawan Energi, Penghargaan Keselamatan Migas, dan Penghargaan Energi (PE).

Tercatat sebanyak 34 perusahaan/instansi penerima PEEN dengan 9 pemenang kategori bangunan gedung hemat energi antara lain Sinarmasland, Gedung Paza Summarecon Agung, Gedung Mina Bahari IV KKP, dan Kantor Dusaspun Gunung Putri; 16 pemenang kategori manajemen energi pada industri dan bangunan gedung antara lain PT Graha Niaga Tata Utama, Gedung IGD RSUP Cipto Mangunkusumo, Gedung B2TKE BPPT, PT Cheil Jedang Pasuruan, Terminal BBM Rewulu Pertamina HO, dan Star Energy Geothermal (Wayang Windu) Lt; dan 9 pemenang kategori penghematan energi di pemerintah antara lain Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Pemda Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu penerima penghargaan K3LL Panas Bumi sebanyak 24 perusahaan. Mereka antara lain Star Energy Geothermal Salak, Ltd sebagai peraih aditama dengan nilai tertinggi untuk penghargaan Pengelolaan Bidang K3 pada Area Geothermal (Berproduksi) dan penghargaan Pengelolaan Bidang Lindungan Lingkungan pada Area Geothermal (Berproduksi), PT Supreme Energy Muara Laboh sebagai peraih aditama dengan nilai tertinggi untuk penghargaan Pengelolaan Bidang K3 pada Proyek Geothermal (Belum Berproduksi), dan PT Pertamina Geothermal Energy Proyek Lumut Balai sebagai salah satu peraih Penghargaan Pengelolaan Bidang Lindungan Lingkungan pada Proyek Geothermal (Belum Berproduksi).

Bidang wartawan energi, penghargaan jatuh kepada Gholib sebagai juara I foto umum, Muhamad Mubarak Aziz sebagai juara I foto Instagram, Arif Koes Hernawan untuk kategori karya tulis jurnalistik. 

Untuk bidang keselamatan minyak dan gas bumi penghargaan jatuh kepada PetroChina International Jabung, Ltd.

Penghargaan Subroto untuk bidang inovasi energi (PE) kategori perorangan diberikan kepada Harianto, kelompok masyarakat kepada Yayasan Lengis Hijau, industri kepada PT Great Giant Pineaple, sedangkan kategori pemerintah daerah dianugerahkan kepada Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung. 

Penamaan Subroto sendiri merupakan penghargaan kepada Bapak Subroto, Menteri Pertambangan dan Energi pada kurun waktu 1978-1988, sebagai salah satu tokoh yang memajukan sektor energi di Indonesia dan teladan dalam kepemimpinan bagi generasi penerus. (RWS)

Daftar Penerima Penghargaan PEEN.pdf

Peraih Penghargaan K3LL Panas Bumi.pdf