Pemerintah Dorong Mahasiswa Ubah Perilaku Penggunaan Energi

Jumat, 6 Oktober 2017 | 17:44 WIB | Rakhma Wardani

Bogor – Kementerian ESDM melalui Ditjen EBTKE menyelenggarakan Outreach Penggerak Energi Tanah Air (PETA) di Institut Pertanian Bogor pada Kamis (5/10). Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pembekalan bagi anggota PETA yang menjadi agen perubahan perilaku hemat energi bagi lingkungan kerja maupun masyarakat.

Pemerintah terus melaksanakan berbagai program untuk dapat mengajak masyarakat menerapkan konservasi energi di berbagai sektor, baik di sektor industri, gedung, rumah tangga, dan lain-lain. Program tersebut antara lain (1) penerapan manajemen energi bagi perusahaan dengan konsumsi energi lebih besar sama dengan 6.000 TOE/tahun, melaksanakan pembinaan dan capacity building penerapan ISO 50001; (2) pengembangan standar kompetensi bagi manajer dan auditor energi; (3) Penerapan Minimum Energy Performance Standard serta pembubuhan label efisiensi energi untuk peralatan rumah tangga; (4) program kemitraan/audit energi dan Investment Grade Audit; (5) pelaksanaan pilot projek Penerangan Jalan Umum Hemat Energi, Green Chiller dan pemanfaatan refrigerant hidrokarbon di beberapa perusahaan dan universitas; (6) seminar, bimbingan teknis, lomba hemat energi dan penghargaan efisiensi energi nasional; dan (7) Kampanye Hemat Energi Potong 10% secara serentak di Denpasar, Makassar dan Balikpapan.

Konservasi energi di dunia industri melalui penerapan manajemen energi dapat memberikan manfaat penghematan biaya serta kepercayaan publik sebagai industri yang ramah lingkungan.

Oleh karenanya pengenalan konservasi energi untuk mahasiswa sangat penting. “Kami berharap kegiatan ini mampu mendorong adik-adik untuk menerapkan konservasi energi baik dalam kehidupan sehari-hari dan di dunia kerja kelak, “ ungkap Kepala Subdit Bimbingan Teknis dan Kerja Sama Konservasi Energi, Gita Lestari, mewakili Direktur Konservasi Energi. “Mari kita lakukan langkah-langkah konservasi energi, mulai dari melakukan perubahan perilaku hemat energi dalam kehidupan sehari-hari, hingga penerapan konservasi nergi di sektor industri nantinya,” tambahnya.

Untuk menambah wawasan para mahasiswa IPB, anggota PETA menyampaikan dasar-dasar teknik Konservasi Energi Sistem Tata Udara dan Tata Cahaya. Kegiatan disemarakkan pula dengan kegiatan games perubahan perilaku dan rencana aksi penggunaan energi. (RWS)