Ditjen EBTKE Terbitkan Buku Panduan Pelatihan Pembiayaan Proyek EE Bagi Industri

Rabu, 18 Oktober 2017 | 11:53 WIB | Rakhma Wardani

Konservasi dan efisiensi energi merupakan bagian dari program Pemerintah di sektor energi dalam rangka mencapai ketahanan energi yang berkelanjutan. Namun pelaksanaannya belum optimal terutama karena penerapan konservasi dan efisiensi energi tersebut membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit mengingat harga teknologi/peralatan yang efisien energi masih relatif mahal. Di lain pihak, lembaga pembiayaan/perbankan masih sangat kurang dalam penyediaan kredit/pinjaman untuk program konservasi dan efisiensi energi.

Dalam upaya meningkatkan pemahaman manajer energi di industri tentang kriteria kelayakan pembiayaan konservasi energi oleh lembaga keuangan dan untuk memotivasi para manajer energi tentang besarnya peluang konservasi energi di sektor industri, maka Ditjen EBTKE bersama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyusun buku “Pengantar Pembiayaan Proyek Efisiensi Energi bagi Industri”. Buku ini dilengkapi dengan materi bahan ajar dan panduan untuk pengajar termasuk aplikasi sederhana untuk pemodelan finansial suatu proyek konservasi di industri.

Melalui buku “Buku Panduan Pelatihan Pembiayaan Proyek Efisiensi Energi bagi Industri” ini para pihak yang terlibat terutama pihak industri, tenaga ahli manajemen energi, penyedia peralatan industri, dan lembaga pembiayaan/perbankan akan memperoleh gambaran dan informasi yang komprehensif mengenai manfaat dan besarnya keuntungan yang diperoleh dari penerapan efisiensi energi. Sehingga Pihak industri diharapkan tertarik untuk mengidentifikasi peluang pembiayaan konservasi energi.

Isi buku secara lengkap dapat diunduh melalui tautan:

https://ebtke.esdm.go.id/post/2017/10/17/1776/buku.panduan.pelatihan.pembiayaan.proyek.ee.bagi.industri

(RWS)

 


Contact Center