Peran Strategis Lembaga Penelitian Dalam Pengembangan EBTKE

Kamis, 26 Oktober 2017 | 13:48 WIB | Rakhma Wardani

Ditjen EBTKE - Pemerintah kembali menegaskan pentingnya dukungan dari semua pemangku kepentingan dalam pengembangan energi baru, terbarukan dan konservasi energi (EBTKE), tak terkecuali lembaga penelitian. Lembaga penelitian merupakan salah satu mitra strategis bagi pemerintah dalam upaya pengembangan EBTKE di Indonesia. Hal tersebut disampaikan Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, Maritje Hutapea dalam Seminar Hasil Kegiatan Program Unggulan LIPI tentang Energi dan Temu Industri Peneliti pada Kamis (26/10) di Balai Kartini Jakarta.

Energi merupakan instrumen untuk mewujudkan keadilan sosial dan harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan daya saing industri. Oleh karenanya pemanfataan EBT menjadi keharusan, EBT tidak lagi hanya sebagai energi alternatif. Kementerian ESDM berupaya untuk meminimalisasi subsidi energi dan melaksanakan pemangkasan dan simplikasi perizinan untuk meningkatkan investasi energi terbarukan agar pada akhirnya energi yang tersedia dapat dimanfaatkan masyarakat secara merata dan terjangkau.

Salah satu tantangan sekaligus peluang yang dihadapi dalam pengembangan EBTKE adalah kemajuan dan inovasi teknologi di bidang EBTKE. "Kami sangat membutuhkan dukungan lembaga penelitian dalam melakukan inovasi teknologi energi baru terbarukan, melakukan kajian teknologi sebelum dikembangkan secara meluas, serta mendorong transfer teknologi energi baru terbarukan," kata Maritje.

Maritje juga mengungkapkan bahwa lembaga penelitian memiliki peranan dalam melakukan analisa keekonomian berbagai teknologi energi khususnya energi baru terbarukan agar harganya lebih kompetitif. Lembaga penelitian juga diharapkan dapat melakukan link and match penelitian teknologi energi dengan industri.

Seminar nasional ini merupakan ajang tukar pikiran bagi para pemangku kepentingan dan sebagai masukan bagi LIPI dalam melanjutkan kegiatan penelitian unggulan sehingga dapat lebih tepat sasaran. Selain seminar, kegiatan ini juga menampilkan hasil kegiatan penelitian LIPI dalam pameran yang diselenggarakan pada tanggal 23-26 Oktober 2017. (RWS)