Suksesnya Konservasi Energi dimulai dari Kampus

Kamis, 23 November 2017 | 12:04 WIB | Bambang Wijiatmoko

Kesuksesan penerapan konservasi energi dapat diawali dengan memperkenalkan konsep serta prinsip konservasi energi kepada para mahasiswa.

Hal inilah yang mendorong Direktorat Konservasi Energi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi menyelenggarakan “Konservasi Energi Goes to Campus”.

Dalam sambutan Direktur Konservasi Energi yang dibacakan oleh Kepala Sub Direktorat Bimbingan Teknis dan Kerjasama Konservasi Energi, Gita Lestari, disampaikan bahwa para mahasiswa dapat menjadi agen perubahan dalam terwujudnya konservasi energi.

“Melalui kegiatan Konservasi Energi Goes to Campus ini, kami berharap adik-adik dapat menerapkan konservasi energi baik dalam kehidupan sehari-hari dan di dunia kerja kelak.” ujar Gita dalam pembukaan acara Konservasi Energi Goes to Campus di Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya, Kamis, 23 November 2017. 

Dekan Fakultas Teknik Industri ITS, Bambang Lelono Widjiantoro menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan ini, ia juga mendorong para mahasiswa untuk menggunakan energi secara efisien dan produktif.

“Kegiatan ini penting. Anda sebagai agen pembaharuan, sebagai pahlawan energi, harus menggunakan energi secara bijkasana,”kata Bambang dalam sambutannya.

Para peserta yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknologi Industri mendapatkan serangkaian materi dari para ahli (expert) di bidang konservasi energi, mulai dari kebijakan pemerintah, prinsip dasar konservasi energi, penerapan ISO 50001 mengenai manajemen energi, profesi terkait konservasi energi, serta best practice dari industri yang telah berhasil menerapkan konservasi energi.

Kegiatan Konservasi Energi Goes to Campus di ITS merupakan kali ketiga, setelah dilaksanakan di Universitas Diponegoro dan Universitas Lampung. Tidak hanya sampai di ITS, Konservasi Energi Goes to Campus juga akan dilaksanakan di Universitas Brawijaya, Universitas Jenderal Soedirman, dan Universitas Gadjah Mada. (RWS)