Ini Daftar Desa yang terima LTSHE di Kabupaten Tambrauw

Rabu, 14 Februari 2018 | 11:34 WIB | Dian Lorinsa

TAMBRAUW– Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam kunjungan kerja ke Papua Barat, Selasa (13/2) Menteri ESDM, Ignasius Jonan secara simbolis serahkan 12 paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada perwakilan warga Tambrauw.

Jonan menjelaskan bahwa lampu tersebut diperuntukkan satu box untuk satu rumah bisa menghasilkan listrik 4 (empat) lampu dengan daya 25 watts dan bisa untuk colokan Handphone. "Ini dibantu pemerintah melalui APBN kepada setiap rumah yang belum ada layanan kelistrikan," jelas Jonan. 

Program LTSHE dapat terlaksana tidak terlepas dari peran serta Pemerintah Daerah, mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten, sampai ke tingkat desa dan dusun. Peran dari Pemerintah Daerah salah satunya adalah pengusulan lokasi pemasangan LTSHE, dimana salah satu lokasi yang diusulkan adalah Kabupaten Tambrauw.

Kabupaten Tambrauw mendapatkan alokasi untuk 529 unit LTSHE untuk 529 rumah/fasilitas umum yang berada di 5 (lima) kecamatan/distrik di 12 (dua belas) Desa yakni Kec. Syujak sebanyak 9 unit, Kec. Miyah 17 unit, Kec. Kwoor 37 unit, Kec. Yembun 118 unit, Kec. Kebar 348 unit. Sebaran pembagian untuk masing-masing desa, yang berjumlah 12 desa, antaralain:

a. Desa Banso           :  9 unit

b. Desa Miri               :  11 unit

c. Desa Tabamsere     :  6 unit

d. Desa Batde            :  37 unit

e. Desa Baun             :  35 unit

f. Desa  Sumbekas     :  25 unit

g. Desa Bamusbama  :  58 unit

h. Desa Nekori         :  125 unit

i.  Desa Inambuari    :  93 unit

j.  Desa Atay            :  45 unit

k. Desa Ajami           :  50 unit

l.  Desa Inam           :  35 unit

Kegiatan yang dipusatkan di lokasi PLTM Warabiai, Desa Jokte Kecamatan Sausapor Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat, juga dihadiri oleh Anggota Komisi I DPR RI Jimmy Demianus Ijie, Komisi IV DPR RI Michael Wattimena, Komisi VII DPR RI Peggi Patrisia Pattipi, Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan Bupati Tambrauw Gabriel Asem, Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Rida Mulyana, Ketua DPRD Tambrauw, Pejabat di lingkungan Kementerian Perhubungan dan Kementerian Dalam Negeri, Direktur Regional Bisnis PLN Wilayah Papua Maluku, serta para pejabat di lingkungan Kabupaten Tambrauw dan tokoh masyarakat sekitar.

"Kalau misalnya di daerah yang sangat sulit, sangat terpencil dan PLN belum ada program, tolong Pak Bupati dan Pak Gubernur sampaikan usulan ke saya, kirim surat ke saya untuk ditambah LTSHE," ungkap Jonan dalam sambutannya. (DLP)