Bangun Generasi Hemat Energi, KESDM Giat Jalin Kemitraan

Senin, 26 Februari 2018 | 20:49 WIB | Dian Lorinsa

TANGERANG SELATAN - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi c.q Direktorat Konservasi Energi bekerja sama dengan Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup, selenggarakan kegiatan Workshop Best Practices Upaya Penghematan Energi di Lingkungan Sekolah Peserta Adiwiyata, Senin (26/02).

Workshop Best Practices Upaya Penghematan Energi di Lingkungan Sekolah Peserta Adiwiyata dibuka oleh Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup, Cicilia Sulastri serta dihadiri oleh 100 orang perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota yang menangani Program Adiwiyata.

Program Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta ramah lingkungan. Dalam Program Adiwiyata meliputi kegiatan pengelolaan sampah, penghijauan, dan konservasi energi dan air.

Workshop ini diselenggarakan untuk memberikan informasi dan pengetahuan terkait upaya-upaya penghematan energi supaya dapat diimplementasikan di lingkungan sekolah. Kriteria efisiensi energi yang lebih detail dan perubahan perilaku yang nyatadiharapkan dapat masuk ke dalam kriteria Penilaian Penghargaan. Hal ini dimaksudkan untuk merangsang warga sekolah mengimplementasikan budaya hemat energi.

Perilaku hemat energi dapat dimulai dengan langkah sederhana, yaitu dengan membudayakan gerakan 3M , Mematikan lampu dan peralatan listrik lainnya jika tidak digunakan, Mencabut kabel power listrik jika peralatannya sudah dimatikan powernya; dan Mengatur suhu AC di ruangan pada 25ºC.

“Untuk melakukan penghematan energi dapat dilakukan dengan dua cara, dengan menggunakan peralatan yang hemat energi dan mengubah perilaku, dengan membentuk kebiasaan untuk melaksanakan penghematan energi di sekolah, maka kebiasaan tersebut diharapkan akan diterapkan pula di lingkungan rumah sehinggadapat menumbuhkan budaya hemat energi dimana pun kita berada” ungkap Kasubdit Bimbingan Teknis dan Kerja Sama, Gita Lestari, dalam sambutannya mewakili Direktorat Konservasi Energi. (DLP)