Forum Sharing Best Practice Efisiensi Energi Bersama Anggota BEA Digelar

Jumat, 16 Maret 2018 | 12:31 WIB | Dian Lorinsa

JAKARTA – Sebagai upaya dukungan untuk program penghematan energi khusus nya di sektor bangunan dan gedung, Ditjen EBTKE melalui Direktorat Konservasi Energi menggelar Workshop Best Practice Efisiensi Energi pada Bangunan Gedung, Kamis (15/3) di Aviary Hotel Bintaro.

Acara ini bekerja sama dengan Building Engineers Association (BEA), yang dihadiri para anggota BEA yang terdiri dari para profesional aktif berprofesi di bidang perawatan dan operasional bangunan gedung seperti mal, hotel, apartemen, gedung perkantoran, sekolah dan rumah sakit maupun pabrik yang memiliki bangunan gedung sebagai tempat bekerja. Workshop ini berupa sharing informasi keberhasilan atas upaya terbaik penghematan energi dari para pemenang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi Tahun 2017 kategori Bangunan Gedung Hemat Energi yaitu PT. Sinarmasland, GOP9 dan kategori Manajemen Energi pada Bangunan Gedung yaitu PT. Graha Niaga Tata Utama.

Dalam sambutan nya, Direktur Konservasi Energi, Sugeng Mujiyanto mengungkapkan bahwa telah disusun berbagai regulasi dan program sebagai upaya Pemerintah untuk mengajak seluruh stakeholder dan masyarakat melakukan konservasi energi, yaitu dengan menggunakan energi secara lebih bijak dan efisien.

“Sektor bangunan dan gedung adalah salah satu pengguna energi terbesar di Indonesia, jumlah konsumsi energi nya kurang lebih 36 juta setara barel minyak (SBM), dan potensi penghematan bisa mencapai 10-30%”, pungkas Sugeng. Dalam penjelasannya lebih lanjut, Sugeng menjelaskan bahwa penghematan ini dapat dicapai, baik dari operasi dan pemeliharaan gedung yang sesuai dengan prinsip-prinsip konservasi energi, maupun dengan penggantian peralatan.

Dalam Workshop tersebut disampaikan pula program dan kebijakan di bidang konservasi energi oleh Gita Lestari selaku Kasubdit Bimbingan Teknis dan Kerja Sama Konservasi Energi dan Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi oleh Catur Wahyu Prasetyo selaku Kepala Seksi Kerja Sama Konservasi Energi. Melalui pelaksanaan kegiatan ini diharapkan keberhasilan upaya terbaik penerapan efisiensi energi dari para pemenang Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi tahun 2017 dapat direplikasikan secara luas pada bangunan dan gedung lainnya. (DLP)