Direktur Konservasi Energi Tinjau Teknologi Hemat Energi Milik PHE ONWJ

Rabu, 28 Maret 2018 | 14:30 WIB | Dian Lorinsa

JAKARTA – Direktur Konservasi Energi, Sugeng Mujiyanto melakukan kunjungan lapangan pada Gathering Station Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), di lepas laut Jawa untuk melihat secara langsung implementasi efisiensi energi  yaitu pemasangan teknologi hemat energi berupa mini compressor, Selasa (27/3).

Kegiatan kunjungan ini bermaksud ingin mengetahui seberapa besar penghematan yang diperoleh dari implementasi Investasi Efisiensi Energi. Obyek yang mengalami retrofit dari implementasi efisiensi energi ini adalah penggantian Compressor pada  Zulu Flow Station dengan nilai investasi sebesar 12 M, dengan payback period hanya 1,5 tahun. Pemasangan compressor ini dilakukan dengan memanfaatkan flare gas yang selama ini dibuang untuk mengurangi tekanan diubah menjadi fuel gas untuk menggerakan  compressor itu sendiri.

Selain itu, pemasangan alat ini dapat menghilangkan ketergantungan pada bahan bakar solar yang selama ini harus dikirim dari daratan. Melalui Turbine Gas Generator Set yang ada dapat membangkitkan listrik dengan kapasitas sebesar 2,5 MW. Dari pelaksanaan kegiatan ini penghematan yang dicapai adalah sebesar 23.149,87 GJ atau setara 7 M pertahun.

Berdasarkan data yang ada, konsumsi energi PHE ONWJ tahun 2017 sebesar 8.719.712 GJ dan pada tahun 2016 sebesar 8.978.562 GJ, dimana mengalami penurunan energi sebesar 2,9% dari tahun 2016 serta penurunan emisi dan GRK sebesar 63.058 ton CO2e. Penurunan ini sebagai wujud implementasi program efisiensi energi dan pemenuhan terhadap Peraturan Pemerintah No 70/2009 tentang Konservasi Energi.

“Kegiatan ini patut kita apresiasi dan dapat dijadikan contoh pada industri sejenis, sehingga target untuk pelaksanaan konservasi dan efisiensi energi Indonesia dapat tercapai, mungkin PHE juga bisa memanfaatkan energi terbarukan seperti angin atau tenaga surya”, ujar Sugeng.

Pada tahun 2016, PHE ONWJ berhasil meraih peringkat Pertama Sub kategori Industri Skala Besar pada Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) 2016, yang diselenggarakan oleh Kementerian ESDM. Pada Mei 2016, PHE ONWJ menerima penghargaan “Energy Management Insight Award 2016” dari The Clean Energy Ministerial (CEM). (DLP)