Para Ibu Zaman Now Antusias Ikuti Piknik Ilmu Hemat Energi

Selasa, 31 Juli 2018 | 12:38 WIB | Humas EBTKE

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal EBTKE merangkul para Ibu untuk turut serta bekerja sama menginisiasi dan membudayakan aksi hemat energi di lingkungan keluarga. Kamis lalu (26/7) Direktorat Konservasi Energi EBTKE menyelenggarakan acara Piknik Ilmu yang bertemakan #AksiHematEnergi yang berfokus pada cara mengelola keuangan rumah tangga zaman now di Piknik at Arif Inn.

Gita Lestari selaku Kepala Subdirektorat Bimbingan Teknis dan Kerjasama, Direktorat Konservasi Energi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Piknik Ilmu ini jadi salah satu wadah bagi para Ibu untuk belajar dan saling menginspirasi, “Ibu merupakan motor utama keluarga yang menanamkan nilai-nilai yang dianut di keluarga, kegiatan seperti Piknik Ilmu ini penting untuk saling berbagi ilmu dan inspirasi sesama Ibu”, ungkapnya. Dalam upaya membudayakan hemat energi dengan langkah paling mudah, Gita berbagi mengenai fakta dan mitos dalam melakukan aksi hemat energi. “Semudah cabut colokan setelah selesai menggunakan, matikan lampu dan pilih alat label hemat energi. Kalau konsisten dilakukan itu sudah memberikan penghematan yang besar. Hemat energi, semudah itu!”, pungkas Gita.

Memperkaya perspektif Gita, Debby Prazna Okky perencana keuangan yang biasa dikenal dengan akun Instagram @raniarainamumtaz menyampaikan, “Penghematan energi tampak sepele tapi efeknya besar. Semudah mencabut colokan setelah selesai bisa menghemat hingga 10% pengeluaran rumah tangga setiap bulannya. Pemakaian hemat yang dikombinasi dengan pengelolaan cerdas akan menghasilkan pemanfaatan yang dapat digunakan untuk hal yang lebih esensial dalam kehidupan berkeluarga, misal tabungan pendidikan atau liburan tahunan keluarga”, jelas Debby.

Selain 20 peserta undangan di acara Piknik Ilmu, masyarakat umum juga bisa berpartisipasi di kemeriahan kegiatan melalui aktivasi online “Lomba Video” #AksiHematEnergi. Warganet dapat berpartisipasi menunjukkan aksi nyata hemat energi di lingkungan sekitar atau aksi seru menyanyikan jingle dan menirukan jari di video #AksiHematEnergi yang dapat diunduh di s.id/aksihematenergi atau bit.ly/aksihematenergi. Pemenang berhak mendapatkan hadiah puluhan juta rupiah berupa voucher listrik dan belanja. Rangkaian kegiatan Aksi Hemat Energi di bawah tajuk Piknik Ilmu diharapkan jadi awalan membentuk Keluarga Hemat Energi, yang diawali oleh para Ibu sebagai salah satu kunci sumber daya manusia yang peduli dengan penghematan energi, sumber inspirasi bagi keluarga, dan motor penggerak budaya hemat energi di masa yang akan datang. (DLP)