Buku Panduan Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Jumat, 31 Agustus 2018 | 10:47 WIB | Humas EBTKE

 

Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) dan sejumlah institusi lain termasuk sektor swasta, telah berusaha meningkatkan kualitas dan keandalan instalasi sistem PLTS yang dibangun dengan dana APBN maupun Dana Alokasi Khusus (DAK). Desain yang bagus dan kualitas yang baik merupakan kunci penting dalam keandalan dan berkelanjutan sistem PLTS.


Untuk meningkatkan dan menyeragamkan kualitas PLTS serta menyebarluaskan pengetahuan mengenai sistem PLTS off-grid yang baik kepada para pemangku kepentingan termasuk Pemerintah Daerah, pelaku usaha, operator, teknisi, dan inspektur energi terbarukan, pada tahun 2018 Ditjen EBTKE bekerja sama dengan GIZ melalui Proyek Energising Development (EnDev) Indonesia menyusun Buku Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya: Dos and Don’ts sebagai rekomendasi praktik terbaik instalasi PLTS off-grid di Indonesia.


Buku Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya: Dos and Don’ts ini menyajikan sekitar 600 foto instalasi PLTS off-grid yang telah dibangun, dan disertai dengan rekomendasi dan landasan teori singkat tentang kondisi di dalam foto tersebut. Buku ini diharapkan dapat dijadikan rujukan di dalam proses perancangan, pemasangan, proses verifikasi, serta pengoperasian dan pemeliharaan sistem PLTS off-grid sehingga keamanan dan keandalan sistem dapat terjamin, umur pakai komponen meningkat, operasional yang lebih efisien, risiko kerusakan yang kecil, dan memahami apa yang harus dilakukan jika terjadi kerusakan.

Unduh Buku Panduan Instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya