Petunjuk Teknis Penanganan dan Penyimpanan Campuran Biodiesel 20% Pada Aplikasi Unit Alat Berat di Pertambangan Mineral dan Batubara

Kamis, 6 September 2018 | 11:17 WIB | Humas EBTKE

Berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 12 tahun 2015, terhitung Januari 2016 telah ditetapkan mandatori penggunaan campuran biodiesel 20% untuk sektor rumah tangga, transportasi PSO dan Non PSO, industri, dan campuran biodiesel maksimuml 30% khusus untuk sektor pembangkit listrik. Salah satu industri pengguna minyak solar terbesar adalah dari sektor pertambangan. Namun, dalam implementasinya belum terealisasi secara maksimal salah satunya disebabkan oleh permasalahan teknis di lapangan, seperti belum adanya pemahaman yang baik mengenai penanganan campuran biodiesel untuk aplikasi alat berat.

Tujuan dari penyusunan Dokumen Petunjuk Teknis ini adalah untuk memberikan pedoman yang dapat dipakai oleh pemangku kepentingan industri pertambangan, menyediakan alternatif solusi, dan memberikan rekomendasi penggunaan dan penanganan bahan bakar campuran biodiesel yang aman dan layak bagi konsumen di industri pertambangan.

Dokumen Petunjuk Teknis Penanganan Dan Penyimpanan Campuran Biodiesel 20% Pada Aplikasi Unit Alat Berat Di Pertambangan Mineral Dan Batubara ini merupakan dokumen turunan dari Pedoman Umum Penanganan dan Penyimpanan Biodiesel (B100) dan Bahan Bakar Campurannya (BXX). Dokumen Petunjuk Teknis ini memberikan informasi mengenai tata cara penerimaan, penyiapan, penyimpanan, distribusi, pengujian, dan fuel management practices untuk pemakaian campuran biodiesel 20% pada unit alat berat sektor pertambangan.

Terealisasinya petunjuk teknis ini merupakan hasil kerjasama antara Dirjen EBTKE cq. Direktorat Bioenergi dengan BPPT cq. Balai Teknologi Bahan Bakar dan Rekayasa Disain. Dalam tahapan penyusunan petunjuk teknis ini telah dilakukan serangkaian pembahasan bersama stakeholders terkait untuk mendapatkan koreksi dan masukan. Secara khusus kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan berkontribusi dalam penyusunan laporan ini. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan dokumen ini masih terdapat banyak kekurangan dan keterbatasan. Masukan dari pemangku kepentingan diharapkan dapat menyempurnakan dokumen petunjuk teknis ini.

Unduh di bawah ini

Petunjuk Teknis_Penanganan dan Penyimpanan Campuran Biodiesel 20% pada Aplikasi Unit Alat Berat di Pertambangan Mineral dan Batubara