Menteri Jonan Bagikan Lampu Surya Gratis Untuk Nias

Kamis, 6 Desember 2018 | 23:06 WIB | Humas EBTKE

NIAS – Untuk terus mewujudkan energi berkeadilan bagi seluruh rakyat Indonesia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, membagikan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk masyarakat Nias, Sumatera Utara, pada rangkaian kunjungan kerja ke Pulau Nias hari ini (Kamis, 6/12).

Sebagai daerah yang terisolir dan sulit dijangkau oleh jaringan listrik PLN, Pulau Nias akan mendapatkan distribusi dan pemasangan LTSHE sebanyak 1.360 unit, yang tersebar pada 21 Desa, di 5 Kabupaten.

"Program pemasangan LTSHE, itu jumlahnya 1.300 lebih rumah, seperti dilaporkan, ini meningkatkan rasio elektrifikasi. Saya tanya Direktur PLN Regional Sumatera, sekarang ini rasio elektrifikasinya 51-52 persen, jadi kalau ditambah 1.300 lebih ini akan naik elektrifikasinya menjadi 64-65 persen, lumayan ini," imbuh Jonan.

Program LTSHE pada tahun 2018 akan dilaksanakan di 16 provinsi, dengan total jumlah LTSHE sebanyak 173 ribu unit dan jumlah anggaran sebesar Rp600miliar. Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Noor Arifin Muhammad yang turut hadir dalam kunjungan kerja ini menyampaikan bahwa pemasangan LTSHE di Nias Utara sudah 90% terpasang dan terdapat service center yang dapat memberikan informasi kepada masyarakat bagaimana penggunaan dan perawatan LTSHE tersebut.

Atas pembagian LTSHE ini, Pemerintah Daerah Nias mengungkapkan apresiasi dan besarnya manfaat kehadiran lampu ini. "Atas nama Pemkab Nias Utara kami ucapkan terima kasih atas kehadirannya, semoga membawa berkah bagi kita semua. Penggunaan lampu bertenaga surya lebih bersih dan penghematan penggunaan minyak bumi, saya menilai kegiatan seperti ini sangat penting. Saat ini di Kepulauan Nias masih banyak yang belum tersentuh listrik,  kami mohon kepada Bapak untuk terus memperhatikan masyarakat Kepulauan Nias khususnya Kabupaten Nias Utara," ungkap Bupati Nias Utara.

Pada kesempatan ini Menteri Jonan juga mengajak Pemerintah Daerah untuk ikut aktif mendukung target Pemerintah pusat dalam mengejar rasio elektrifikasi 100% pada 2019, sehingga seluruh daerah terlistriki. "Begini, ini tolong yang wakil-wakil dari kabupaten lain, juga Pak Bupati, kalau kurang tolong kirim surat, nanti kita isi lagi tahun depan, karena target Pemerintah tahun depan itu rasio elektrifikasinya 100 persen. Kita coba pak", tutup Jonan.

Turut hadir dalam kunjungan kerja ini Ketua Komisi VII DPR RI Gus Irawan Pasaribu, Bupati Nias Utara, serta Pemerintah Daerah setempat. Selain menyerahkan lampu surya kepada perwakilan masyarakat, Menteri Jonan juga sekaligus meresmikan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) Satu Harga dan pembagian paket Konversi Minyak Tanah ke LPG 3 KG. (RWS)


Contact Center