Terang Lampu Surya di Luwu Utara

Selasa, 18 Desember 2018 | 23:02 WIB | Humas EBTKE

LUWU UTARA – Rasa syukur yang tiada henti diungkapkan oleh warga Desa Kombakar, yang berada di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, karena sudah 72 tahun Indonesia merdeka, baru saat ini warga bisa merasakan terangnya lampu.

“Kami warga desa Kombaka sangat bersyukur sekali, baru saat ini kami bisa merasakan terangnya lampu, sementara di tahun-tahun sebelumnya tidak seperti ini, mobil saja tidak bisa masuk, bahagianya Desa Kombaka ini tak terhingga”, ungkap Kepala Desa Kombakar saat bertemu perwakilan Kementerian ESDM pada Selasa (18/12) di salah satu rumah warga Desa Kombaka, yang dipasang Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE).

Desa Kombakar merupakan salah satu Desa penerima LTSHE di Kabupaten Luwu Utara pada tahun 2018. Untuk Provinsi Sulawesi Selatan, LTSHE dibagikan di 6 Kabupaten dengan alokasi pemasangan total 651 unit. Kabupaten Luwu Utara sendiri, ada 136 unit tersebar di 2 kecamatan, yaitu Kecamatan Malangke dan Kecamatan Malangke Barat serta tersebar di 2 desa, yaitu Desa Benteng dan Desa Kombakar. Pemerintah sudah melaksanakan program LTSHE ini di 16 provinsi dengan alokasi pemasangan 172.853 unit, dan menghabiskan dana APBN sebesar 565 miliar.

“LTSHE merupakan salah satu program Kementerian ESDM sebagai solusi penerangan dan energi listrik yang difokuskan bagi desa-desa yang sulit dijangkau dari jaringan listrik PLN, dengan semangat membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah dalam kerangka kesatuan”, ujar Deputi Perencanaan SKK Migas, Jaffee Arizon Suardin saat melakukan kunjungan kerja sekaligus menyerahkan secara simbolis unit LTSHE kepada perwakilan masyarakat Desa Kombaka dan Kecamatan Malengke Barat.

Perwakilan masyarakat Kecamatan Makengke Barat juga menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemerintah, dalam hal ini perwakilan Kementerian ESDM yang hadir di Desa mereka atas hadirnya dan bantuan LTSHE yang diberikan. LTSHE sejumlah 99 unit yang diberikan untuk Kabupaten Luwu Utara, tidak hanya dipasang di rumah warga, tapi juga di beberapa fasilitas umum dan rumah ibadah. (DLP)

 


Contact Center