Lebih dari 1000 Unit PJU-TS Dukung Infrastruktur Daerah Wisata NTT

Kamis, 3 Januari 2019 | 22:30 WIB | Humas EBTKE

 

 

Labuan Bajo -- Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meresmikan program Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kabupaten Manggarai Barat, NTT (Kamis, 4/1). Acara peresmian infrastruktur PJU-TS di Manggarai Barat ini merupakan salah satu upaya dan komitmen pemerintah untuk menjalankan program kegiatan yang bermanfaat bagi rakyat yang berasal dari energi terbarukan.

PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya, sehingga menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN. PJU-TS juga dapat diterapkan pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN, namun ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya yang sebagian besar masih dipasok menggunakan sumber energi fosil.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula mengungkapkan bahwa kehadiran PJU-TS di wilayahnya sangat membantu dan memberi arti yang begitu besar. "Labuan Bajo dijuluki kota pariwisata dunia. Kami sangat berterima kasih, karena apa jadinya jika kota pariwisata dunia tapi kondisi (jalanan) gelap," ungkap Agustinus.

Provinsi NTT merupakan salah satu wilayah yang mendapat alokasi pemasangan PJU-TS sebanyak 1.034 unit, yang tersebar di 3 (tiga) kabupaten, yakni Belu sebanyak 425 unit, Kupang 175 unit dan Manggarai Barat, yang diresmikan hari ini, sebanyak 434 unit.

Pada tahun 2018, program PJU-TS dilaksanakan di 27 provinsi dengan pemasangan sebanyak 21.755 unit dan jumlah anggaran sebesar Rp 403 Miliar. Pemasangan PJU-TS di Kabupaten Manggarai Barat tersebar di sekitar Kota Labuan Bajo. Keseluruhan PJU-TS di Manggarai Barat telah terpasang dan beroperasi sejak Oktober 2018. (KLIK/RWS)


Contact Center