PJU-TS Dukung Penerangan Kabupaten Banyumas

Kamis, 10 Januari 2019 | 08:00 WIB | Humas EBTKE

 

Banyumas - Sejumlah 50 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) dibangun di jalan utama Kabupaten Banyumas pada tahun 2018 oleh Kementerian ESDM untuk mendukung penerangan aktivitas dan lalu lintas pada malam hari.

"Pembangunan PJU-TS di wilayah Babupaten Banyumas sangat penting, karena jalan di kabupaten kita ini hampir panjangnya 850 km. Jalan kabupaten yang kami kelola itu belum semuanya terfasilitasi penerangan umum termasuk perkotaan maupun perdesaan dan percamatan," tutur Bupati Banyumas yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Banyumas, Didi Rudwianto pada Peresmian PJU-TS dan Sumur Bor di Kabupaten Banyumas (Rabu,9/1).

Didi mengungkapkan jalan yang belum difasilitasi penerangan umum itu termasuk jalan-jalan yang rawan kecelakaan, tikungan tanjakan, dan jembatan. Selain itu, masih banyak pula jalan pedesaan yang belum mendapatkan penerangan di malam hari.

Pada tahun 2018, Program PJU-TS telah menyasar 25 Provinsi dengan total sebaran 21.789 titik. Pemerintah mengakui bahwa belum semua kebutuhan masyarakat akan penerangan dapat dipenuhi karena keterbatasan anggaran.

"Memang kalau secara nasional memang ribuan desa memerlukan, namun alokasi anggaran kita juga terbatas juga. Namun tahun depan kita akan menambah lampu sekitar 1000 unit," ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM, F.X.Sutijastoto saat menyerahkan secara simbolis PJU pada acara yang sama. 

"Nah untuk Kabupaten Banyumas dapat melakukan permohonan agar mendapatkan alokasi untuk tahun depan, nanti kami siap untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat," lanjutnya. Melalui acara ini, imbuh Sutijastoto, merupakan kesempatan Pemerintah untuk dapat beriteraksi langsung dengan masyarakat sehingga secara langsung pula mengetahui kebutuhan masyarakat.

Pada kesempatan ini Sutijastoto juga menyampaikan apresiasi atas kerjasama semua pihak atas terbangunnya infrastruktur Kementerian ESDM dan berharap fasilitas yang sudah diserahkan untuk dipelihara agar pemanfaatannya dapat optimal.

 

 


Contact Center