Anggaran Kembali ke Rakyat, Lebih dari 32 ribu Unit PJU-TS Telah Dibangun

Selasa, 12 Februari 2019 | 10:25 WIB | Humas EBTKE

PANDEGLANG - Sebagai salah satu upaya Pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan melalui pemanfaatan energi terbarukan. Kementerian ESDM c.q Ditjen EBTKE terus membangun Penerangan Jalan Umum-Tenaga Surya (PJU-TS). Tercatat lebih dari 32 ribu unit penerangan berbasis tenaga surya telah dibangun sejak tahun 2015.

Salah satu wilayah yang dibangun PJU-TS berada di Kabupaten Pandeglang, Banten, yang mendapatkan alokasi pemasangan PJU-TS sebanyak 500 unit. Kemarin (11/2) secara simbolis telah diserahkan keseluruhan unit PJU-TS oleh Tenaga Ahli Menteri ESDM Bidang Percepatan Pembangunan Infrastruktur, Simon Laksono Himawan kepada  Sekretaris Daerah Pandeglang, Pery Hasanudin, di Desa Kadungpayung, Kecamatan Menes, Pandeglang.

"Biaya pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Kementerian ESDM didanai dari pajak masyarakat yang harus kembali ke masyarakat melalui berbagai program yang kami laksanakan. Tidak hanya PJU-TS, energi angin, panas bumi itu bagian dari program Kementerian ESDM dan bisa dirasakan sehari-hari oleh rakyat. Kami manfaatkan energi matahari yaitu PJU-TS untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat ," ungkap Simon.  "Intinya program Kementerian ESDM yaitu mensejahterakan rakyat dengan penerangan karena dana yang dipakai adalah dana rakyat dan semua itu harus kembali lagi sebesar-sebesarnya ke rakyat," lanjutnya dengan tegas.

PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya. Lampu PJU-TS ini tepat digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil karena sifatnya yang stand alone.  PJU-TS juga dapat diaplikasikan di daerah perkotaan yang ingin melaksanakan penghematan energi seperti di kawasan jalan utama, jalan kawasan perumahan, kawasan industri, dan fasilitas umum lainnya.

Pada tahun 2018, program PJU-TS ditargetkan dilaksanakan di 26 Provinsi yang dipasang di 21.864 titik, dengan jumlah anggaran sebesar Rp 416 Miliar. Lebih jauh Simon menjelaskan bahwa pembangunan PJU-TS sebanyak 200 titik di Kabupaten Pandeglang merupakan usulan Pemerintah Daerah yang diinisiasi Anggota Komisi VII DPR RI Abdul Halim yang turut hadir pada acara tersebut, sementara PJU-TS sebanyak 300 titik merupakan inisiasi Anggota Komisi VII DPR RI Anda. Semua PJU-TS yang telah dibangun akan dikelola dan dipelihara oleh Pemerintah Daerah pengusul.

Simon berharap infrastruktur yang telah dibangun, dapat dikelola dan dipelihara oleh Pemda dan masyarakat, agar manfaatnya dapat bisa dirasakan oleh masyarakat dalam jangka waktu yang lama. "Akhirnya kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terbangunnya infrastruktur ini dan kerjasama serta koordinasi yang lebih baik kiranya perlu ditingkatkan lagi di masa yang akan datang," pungkasnya. (RWS/DLP)


Contact Center