PJU-TS Dukung Produktivitas Warga Siak Riau

Selasa, 12 Februari 2019 | 16:05 WIB | Humas EBTKE

SIAK - Kehadiran Penerangan Jalan Umum - Tenaga Surya (PJU-TS) secara perlahan mengurangi rasa takut masyarakat Siak yang kesehariannya berangkat bekerja di malam hari. Sebelum ada PJU-TS, sepanjang jalan yang dilalui masyarakat Siak dari rumah menuju pabrik sangatlah gelap dan menimbulkan rasa was-was.

Sebagian besar masyarakat Siak bekerja di pabrik atau industri yang seringkali mengharuskan mereka mulai bekerja pada malam hari. "Sebelum ada bantuan PJU dari pemerintah, kami membuat swadaya dari masyarakat untuk membuat PJU sebanyak 10 titik dan dana desa 20 titik. Dulu jalan gelap sekali untuk berangkat kerja karena disini kerjanya industri, tapi sekarang alhamdulillah ada PJU jadinya berani, rasa aman gitu," ungkap syukur Kepala Desa Pinang Sebatang, Bambang Saputra karena desanya merupakan salah satu titik pemasangan PJU-TS.

Setelah pemasangan ini, Bambang menghimbau kepada masyarakat untuk merawat asset ini dan berharap dusun yang belum mendapatkan penerangan listrik sama sekali, juga dapat segera dibangun PJU-TS. "Kami mengadakan ronda untuk sama-sama diawasi dan diamankan," imbuhnya.

Tidak hanya memberikan rasa aman bagi masyarakat Siak, PJU-TS juga nyatanya memberikan peluang bagi Ngatiah untuk memperoleh penghasilan. Ngatiah salah satu warga Siak yang mengandalkan penghasilan sehari-hari dari berdagang makanan. Meskipun enggan mengungkapkan kisaran pendapatannya, tetapi Ngatiah menunjukkan binar bahagia karena kini dapat bekerja sampai petang.  "Alhamdulillah senang sekali, sekarang jalan dekat tempat kami berjualan sudah terang kalau malam hari, jadi tidak perlu repot bawa senter kalau jalan malam. Dulu kami berjualan tidak sampai larut karena takut gelap pulangnya, sekarang kami sudah berani karena terang," jelas Ngatiah.

Kabupaten Siak merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Riau yang mendapatkan alokasi pemasangan PJU-TS, yaitu sebanyak 253 titik. Total alokasi pemasangan PJU-TS untuk Provinsi Riau adalah 1.034 titik, dimana sebanyak 550 titik termasuk 253 titik di Kabupaten Siak merupakan usulan Pemerintah Kabupaten setempat yang diinisiasi Anggota Komisi VII DPR RI Sayed Abubakar A.Assegaf. Selain Kabupaten Siak, pemasangan PJU-TS inisiasi Assegaf berada di Kabupaten Meranti 100 titik, Pekanbaru 50 titik, dan Rokan Hulu 253 titik.

Hari ini (12/2) secara simbolis infrastruktur PJU-TS di Siak diserahkan oleh perwakilan Kementerian ESDM, yaitu Direktur Konservasi Energi, Hariyanto kepada Pemerintah Kabupaten Siak dan perangkat daerah terkait di Desa Pinang Sebatang, Kabupaten Siak, dengan disaksikan Anggota Komisi VII DPR RI Sayed Abubakar A.Assegaf. Hariyanto mengapresiasi dukungan Pemerintah Provinsi Riau dan berharap PJU-TS dapat memberikan manfaat dan membantu bagi masyarakat di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Siak agar pengembangan perekonomian dapat berjalan lebih cepat. (RWS)


Contact Center