Ditjen EBTKE dan ADB Gelar Pelatihan Auditor Energi

Selasa, 9 April 2019 | 15:05 WIB | Humas EBTKE

JAKARTA - Sebagai upaya meningkatkan kompetensi auditor energi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) bekerja sama dengan Asian Development Bank (ADB) sebagai lembaga mitra konservasi energi menyelenggarakan pelatihan dan sertifikasi keahlian Certified Investment Grade Auditor (CIGA). CIGA adalah sertifikasi keahlian yang akan diberikan kepada tenaga profesional yang dapat menunjukkan kompetensi mereka dalam melaksanakan audit energi berstandar investasi (investment grade audit/IGA), serta menghasilkan data, analisis dan laporan yang memadai agar proyek efisiensi energi dapat dipertimbangkan oleh calon penyandang dana (bankable).

Direktur Konservasi Energi Direktorat Jenderal EBTKE, Haryanto menjelaskan bahwa Indonesia memiliki banyak potensi pasar efisiensi energi yang belum dimanfaatkan secara optimal. Pemerintah juga sedang mengupayakan peningkatan penghematan energi di semua sektor. Kondisi ini mengharuskan kita memiliki sumber daya manusia (SDM) yang memiliki keterampilan dan kompetensi khusus, terutama dalam melakukan audit energi yang tepat dan komprehensif dan dapat mengimplementasikan peluang Efisiensi Energi dan Konservasi yang dapat ditemui di berbagai fasilitas.

"Selama 5 tahun terakhir, sudah tercetak ratusan Auditor Energi yang bersertifikasi kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Meskipun demikian, Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) untuk Auditor Energi belum memasukkan komponen penyiapan proposal proyek yang layak secara ekonomi (bankable) agar pemilik fasilitas dapat mengajukan proposal pendanaan dari lembaga keuangan lokal atau internasional untuk mengimplementasikan proyek efisiensi energi di fasilitas yang dimilikinya”, ungkap Haryanto.

Lebih lanjut Haryanto menjelaskan, kerja sama dengan ADB dilaksanakan, salah satunya dalam bentuk training atau pelatihan CIGA ini untuk pihak – pihak di bidang energi yang telah melaksanakan audit efisiensi energi berbasis investasi “Investment Grade Audit” (IGA) guna menghasilkan auditor energi yang bankable, tanpa beban biaya.

Pelatihan dan sertifikasi keahlian CIGA dilaksanakan selama lima hari di Jakarta dengan menghadirkan instruktur yang memiliki keahlian keuangan efisiensi energi yang diakui secara global serta pakar Energy Service Company (ESCO) yang berpengalaman. Peserta kegiatan ini berasal dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), praktisi, vendor peralatan serta badan usaha yang bergerak di bidang konservasi energi (ESCO).

Adapun kompetensi peserta yang diharapkan dari keikutsertaan training ini antara lain mampu menyiapkan audit energi berstandar investasi yang "bankable" dan siap diimplementasikan dengan perhitungan penghematan yang realistis, membuat rencana pengukuran dan verifikasi penghematan proyek efisiensi energi dengan memperhitungkan semua elemen terkait yang mudah dipahami, menyiapkan pro-forma proyek efisiensi energi dengan opsi pembiayaan yang mencerminkan aliran kas, serta mampu menyiapkan laporan dan proposal IGA yang "bankable". (RWS/DLP)


Contact Center