Langkah Mudah Pengurusan Perijinan Panas Bumi Melalui Aplikasi Online

Senin, 9 September 2019 | 15:40 WIB | Humas EBTKE

BANDUNG – Sebagai upaya peningkatan pelayanan investasi dalam pengelolaan sumber daya alam serta pelayanan publik pada sektor ESDM khususnya di bidang Panas Bumi, kini pengurusan perijinan di subsektor energi baru terbarukan dan konservasi energi termasuk di dalam nya bidang panas bumi, dilaksanakan melalui sistem online. Di bidang panas bumi, selama ini pengurusan izin dan persyaratan lokasi pengusahaan untuk Panas Bumi dan juga sektor ESDM yang lain masih dilakukan secara terpisah-pisah, pengelolaan berdasarkan proses bisnis masing-masing. Permohonan perizinan masih dilakukan secara manual dan juga tidak terkoordinasi baik dengan unit dan Kementerian lain. Hal ini tentu mengakibatkan lambatnya urusan perizinan.

“Suatu inovasi pelayanan publik mutlak di perlukan di dalam era digital saat ini. Perkembangan kemajuan teknologi informasi dan juga jaringan terjadi sangat pesat, penggunaan teknologi informasi akan sangat membantu didalam pengelolaan data terutama didalam kemudahan berinteraksi secara online”, demikian ungkap Direktur Panas Bumi, Ida Nuryatin Finahari, saat membuka kegiatan Sosialisasi Aplikasi Perijinan Online Pans Bumi di Bandung (9/9), dimana kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 118 perwakilan dari perusahaan pengembang panas bumi.

Saat ini, Direktorat Jenderal EBTKE khususnya Direktorat Panas Bumi memiliki 5 (lima) perizinan yang telah masuk pada sistem Aplikasi Online antara lain (1) Penugasan Survei Pendahuluan Panas Bumi (PSP); (2) Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi Panas Bumi (PSPE); (3) Penerbitan Izin Panas Bumi; (4) Registrasi Usaha Penunjang Panas Bumi; dan (5) Penandasahan Impor Barang Panas Bumi.

Aplikasi Perizinan Online Kementerian ESDM sendiri telah diluncurkan secara resmi oleh Menteri Ignasius Jonan pada tanggal 6 Agustus 2019 lalu. Aplikasi Perizinan Online ESDM ini telah mampu terintegrasi dengan 56 perizinan layanan dari total 70 layanan yang harus disiapkan, dan telah terintegrasi dengan Online Single Submission (OSS) dan Konfirmasi Status Wajib Pajak (KSWP) Ditjen Pajak. Adapun layanan perizinan lainnya akan dikembangkan pada tahap berikutnya. Aplikasi ini menunjukan komitmen Kementerian ESDM dalam pemenuhan Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK 2019-2020) terutama pada aksi peningkatan pelayanan dan kepatuhan perizinan dan penanaman modal.

Ke depan ada beberapa aplikasi yang nantinya akan  disosialisasikan dan bedah bersama. Komitmen melalui aplikasi perizinan online ini adalah dapat menyelesaikan pelayanan perizinan dalam waktu 7 (tujuh) hari setelah permohonan diterima secara lengkap, dan diharapkan kepada  pemohon yang mendaftarkan permohonan pada aplikasi online, persyaratan yang disampaikan sudah lengkap, sehingga dari sisi waktu semuanya dapat berjalan lebih cepat.

“Dalam kesempatan yang baik ini, kami juga meminta kepada pimpinan badan usaha di bidang panas bumi untuk segera menggunakan aplikasi online ini didalam setiap pengajuannya, karena memang sampai minggu kemarin saya masih banyak menandatangani usulan-usulan SKT (Surat Keterangan Terdaftar),saya berharap setelah kegiatan sosialisasi ini semuanya bisa melakukan aplikasi perizinannya secara online dan nanti apabila masih ada yang belum sempurna nanti akan kita sempurnakan dan kita pecahkan bersama pada saat uji coba aplikasi online ini”, pungkas Ida.

Ida mengungkapkan ia yakin dengan komitmen bersama memanfaatkan inovasi teknologi ini dapat memberikan manfaat yang lebih besar bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat pada umumnya.  Ia pun berpesan bahwa apa yang sudah disampaikan hari ini dapat diberikan masukan oleh para pengembang dan juga badan usaha penunjang, kira-kira seperti apa yang seharusnya dalam pelaksanaannya. “Apabila masih ada yang belum sempurna pada aplikasi ini agar aplikasi online ini dapat menjadi pelayanan yang kita harapkan bersama dan menjadi lebih baik” tutupnya. (DLP)

Materi dan paparan kegiatan sosialisasi, dapat diunduh di bawah ini:

Paparan Sosialisasi Perizinan Online Panas Bumi - Kapusdatin ESDM

Tata Cara Pengajuan Perijinan Secara Online

Aplikasi Perijinan Rencana Impor Barang Panas Bumi


Contact Center