Buku Pedoman Praktik Terbaik - Skema PLTMH Off Grid Untuk Listrik Pedesaan 2011

Senin, 30 September 2019 | 10:05 WIB | Humas EBTKE

Pedoman ini tidak ditulis untuk kelompok sasaran tertentu. Pedoman ini bertujuan untuk memberi informasi yang relevan kepada para manajer proyek dan program dari Pemerintah pusat, provinsi dan daerah, perusahaan swasta, organisasi masyarakat sipil, dan lain-lain untuk melaksanakan proyek-proyek PLTMH yang berhasil dan berkelanjutan. Pedoman ini memiliki fokus yang kuat pada manajemen proyek dan bukanlah buku pengajaran teknis, dan tidak dapat menggantikan studi perekayasaan (engineering).

Pedoman ini dibagi menjadi 10 bagian atau bab. Bagian 2 memberikan pengenalan singkat terhadap unsur-unsur yang menjadi bagian dari skema PLTMH untuk listrik perdesaan, membaginya ke dalam enam (6) komponen utama dan menyajikan diagram alir yang menggambarkan langkah-langkah atau tahapan-tahapan dalam suatu program implementasi PLTMH “standar”. Bagian 3 sampai 8 memberikan saran praktik terbaik yang lebih rinci atas enam komponen utama PLTMH, dimulai dengan pengenalan singkat dan uraian unsur-unsur dalam tiap komponen dan dilanjutkan dengan daftar Praktik Terbaik.

Bagian 9 membahas persyaratan kelembagaan dan organisasi yang harus dipenuhi oleh setiap program PLTMH yang baik dan memberi saran tentang bagaimana mengatur pemantauan dan evaluasi, jaminan dan kendali mutu, serta penyediaan bantuan teknis, baik pada tingkat nasional maupun lokal. Akhirnya, Bagian 10 - Lampiran, menampilkan daftar dan pranala (link) ke panduan dan pedoman PLTMH yang berguna, situs yang relevan, dan daftar beberapa kesempatan pelatihan mengenai PLTMH.

Dapat disimpulkan, Pedoman Praktik Terbaik ini harus dilihat sebagai tambahan untuk pedoman teknis, keuangan, dan administrasi yang ada dan akan sangat berguna bagi para pemangku kepentingan yang baru mengenal PLTMH untuk listrik perdesaan. Pedoman Praktik Terbaik ini dapat dibaca secara keseluruhan sebagai suatu buku teks sederhana atau dapat digunakan sebagai panduan untuk memberi wawasan mengenai topik dan proses tertentu. Pembaca didorong untuk memberikan umpan balik dan saran untuk perbaikan Pedoman Praktik Terbaik ini.

Untuk mengunduh buku, melalui tautan berikut:

Unduh Buku Pedoman Praktik Terbaik - Skema PLTMH Off Grid untuk Listrik Pedesaan 2011


Contact Center