Panduan Inspeksi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya

Rabu, 2 Oktober 2019 | 10:15 WIB | Humas EBTKE


Melalui EnDev ID serangkaian kegiatan tinjauan teknis dan survei data dasar telah dilaksanakan di lebih dari tiga ratus (300) instalasi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di seluruh Indonesia. Sistem ini dipasang oleh kontraktor lokal dibawah kontrak dengan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (DJEBTKE) selama tahun 2012 hingga 2014. Kegiatan ini selanjutnya akan disebut sebagai Peninjauan Teknis PLTS DJEBTKE. Tujuan Energising Development Indonesia (EnDev ID) adalah untuk mendukung akses berkelanjutan pada layanan energi modern bagi masyarakat perdesaan di Indonesia. Salah satu intervensi utama adalah mendukung program infrastruktur listrik perdesaan yang berbeda di bawah berbagai instansi pemerintah dan swasta di Indonesia.

Tim spesialis inspeksi teknis, terdiri dari satu (1) teknisi berpengalaman dan satu (1) asisten, yang direkrut untuk program ini untuk melakukan kunjungan lokasi selama 2 hari, melengkapi daftar periksa dan kuesioner yang telah disiapkan serta melatih masyarakat penerima manfaat mengenai operasi sistem, pemeliharaan dan administrasi. Temuan dari tinjauan teknis ini dirangkum dan diserahkan kepada DJEBTKE untuk selanjutnya ditindaklanjuti dengan kontraktor. Sebagai tambahan, data melalui survei Indikator Kinerja Utama/KPI diambil untuk database yang lengkap pada program listrik perdesaan yang didukung oleh EnDev ID.

Panduan Inspeksi ini menyajikan daftar periksa, formulir pengukuran, dan kuesioner KPI, serta dokumentasi penjelasan yang disusun selama program ini dan diadaptasi untuk mengambil pembelajaran yang penting.

Unduh Buku Panduan Inspeksi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya


Contact Center