Gelar Halalbihalal Virtual, Menteri Arifin Tekankan Kerja Efektif dan Produktif

Jumat, 29 Mei 2020 | 14:50 WIB | Humas EBTKE

KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 190.Pers/04/SJI/2020

Tanggal: 29 Mei 2020

Gelar Halalbihalal Virtual, Menteri Arifin Tekankan Kerja Efektif dan Produktif

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar acara Halalbihalal Keluarga Besar Kementerian ESDM secara virtual dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Silaturahim ini bertujuan untuk tetap menjalin keharmonisan dan persaudaraan sekaligus bagian dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dengan mengikuti ketentuan protokol kesehatan yang berlaku.

"Biasanya kita melakukan halalbihalal secara tatap muka langsung, namun di tengah wabah Covid-19, tradisi sedikit berubah dengan melakukan secara virtual. Namun demikian saya merasa hal tersebut tidak mengurangi esensi dari Halalbihalal yang kita laksanakan. Saya selaku pribadi dan Pimpinan Kementerian ESDM mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita diberikan perlindungan dari bahaya apapun yang bisa mengjangkiti kita," kata Menteri ESDM Arifin Tasrif mengawali sambutannya di ruang virtual tersebut, Jumat (29/5).

Arifin menjelaskan, halalbihalal harus dijadikan sebagai salah satu bentuk kegiatan yang dapat menjalin persaudaraan, toleransi dan kecintaan kepada sesama bangsa. "Semoga acara ini memberi manfaat berupa kerukunan dalam bingkai kebhinekaan," jelas Arifin.

Kepatuhan terhadap protokol kesahatan, sambung Arifin, menjadi kunci utama dalam keberhasilan memutus mata rantai Covid-19. "Kita berharap (Covid-19) ini semua tidak berlangsung lama. Tapi, itu semua tergantung pada disiplin kita semua sendiri. Bagaimana kita berupaya untuk menjaga lingkungan kita yang bersih," tekan Arifin.

Untuk terus mengoptimalkan kinerja pelayanan kepada masyarakat, Kementerian ESDM juga tengah mempersiapkan pelaksanaan pola kerja baru dengan menyesuaikan tatanan New Normal di sektor ESDM sehingga tetap produktif dan aman dari Covid-19. Saat ini, penysusunan jadwal kerja, waktu istirahat, ruang fasilitas kerja hingga kehadiran jumlah pegawai yang hadir di kantor (Work From Office/WFO) akan diatur kembali.

"Sarana prasarana perkantoran akan kita siapkan dan tentu saja harus bisa dilaksanakan sebaik-baiknya oleh seluruh pegawai. Karena dengan badan yang sehat, kita bisa menghasilkan output-output yang produktif, output-output yang bermanfaat untuk mendukung pertumuhan, perekonomian yang didukung oleh keberadaaan sumber-sumber energi dan mineral," ungkap Arifin.

Di akhir sambutan, Arifin menekankan kepada seluruh pegawai tetap mengutamakan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat melalui kerja efisien, efektif, produktif, dan cepat dengan tetap mengutamakan komunikasi. "Apabila ada hal-hal yang berlainan dalam bekerja untuk jangan segan-segan untuk bisa kita bicarakan, kita bahas bersama, kita cari solusi. dan itu semuanya kita landaskan bagi niat kita bagi kebaikan bangsa kita," pungkas Arifin.

Acara Halalbihalal Virtual Keluarga Besar Sektor ESDM ini turut dihadiri sekitar 400 peserta dalam ruang meeting virtual dan disaksikan oleh lebih dari 2.500 pegawai Kementerian ESDM melalui kanal Youtube Kementerian ESDM.

Hadir dalam halalbihalal virtual para Pimpinan Tinggi Madya, Staf Khusus Menteri; Kepala dan Anggota Komite BPH Migas; Kepala SKK Migas beserta jajaran; Pimpinan Tinggi Pratama; Tenaga Ahli Menteri; Kepala BPMA beserta jajaran; Pejabat Administrator; Pengamat Gunung Api; para Inspektur Tambang; dan Pejabat Fungsional Utama di lingkungan Kementerian ESDM yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada kesempatan tersebut, Menteri ESDM juga melakukan dialog langsung dengan para pengamat gunung api Ijen dan perwakilan Inspektur Tambang. (NA)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)


Contact Center