Design and Control of PV Hybrid System in Practice

Selasa, 1 September 2020 | 14:05 WIB | Humas EBTKE

 

Indonesia sebagai negara maritim dengan lebih dari 17.500 pulau memiliki tantangan tersendiri dalam mewujudkan rasio elektrifikasi mendekati 100% di tahun 2020 dan target 23% energi baru terbarukan (EBT) pada bauran energi nasional di tahun 2025.

Untuk melistriki ribuan pulau, khususnya 6.000 pulau berpenduduk, perlu memperhitungkan kondisi lingkungan, ketersediaan infrastruktur pendukung, sumber daya energi lokal, dan kelayakan secara tekno-ekonomis. Pendekatan konvensional dengan menempatkan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) bukan lagi menjadi satu-satunya pilihan. Perkembangan teknologi energi terbarukan, khususnya Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), menjadikan energi terbarukan sebagai sumber energi alternatif yang semakin kompetitif dan terjangkau. Energi surya dengan ketersediaan melimpah di Indonesia, sangat menjanjikan sebagai sumber energi untuk penyediaan akses listrik yang handal dengan harga terjangkau bagi masyarakat yang tinggal di PPKT. Untuk meningkatkan kehandalan dan reliabilitas pembangkit, sumber-sumber energi terbarukan dapat dikombinasikan dengan sumber energi lainnya. Untuk PPKT yang sudah menggunakan PLTD sebagai sumber energi eksisting, dapat memanfaatkan teknologi PLTS hibrid sehingga harga energi listrik dapat diturunkan.

Proyek 1,000 Islands - Renewable Energy for Electrification Programme (REEP) di bawah payung kerja sama Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM dan Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit GmbH (GIZ), meluncurkan buku “Design and Control of PV Hybrid System in Practice”. Buku ini diharapkan dapat menjadi panduan dalam merancang PLTS hibrid untuk pulau kecil yang memiliki beban puncak maksimum 10 MW dan biasanya dipasok oleh PLTD. Buku ini memberikan pengetahuan dasar dalam memahami desain berbagai teknologi sistem PV dan menjadi rujukan dalam proses perancangan, pemasangan, proses verifikasi, pengoperasian dan pemeliharaan sistem, serta pemahaman strategi kendali yang paling optimal ketika mengoperasikan PLTS baik standalone atau hibrida dengan pembangkit listrik lain.

Kami berharap Buku “Design and Control of PV Hybrid System in Practice” ini memberikan manfaat bagi semua pihak yang berpartisipasi dalam pengembangan energi terbarukan di Indonesia.

Jakarta, 1 Juni 2020


Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi
F.X. Sutijastoto

unduh buku disini


Contact Center