Panduan Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS Atap di Indonesia

Senin, 5 Oktober 2020 | 10:05 WIB | Humas EBTKE

TENTANG BUKU INI

Panduan perencanaan dan pemanfaatan (pembangkit listrik tenaga surya) PLTS atap ini disusun oleh USAID ICED II sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pemanfaatan PLTS atap di Indonesia sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) No.49 tahun 2018, jo. Permen ESDM No.13 tahun 2019, jo. Permen ESDM No.16 tahun 2019. Melalui kolaborasi dengan Direktorat Aneka Energi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE), Kementerian ESDM, buku ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam proses perencanaan dan pemanfaatan PLTS atap di seluruh wilayah di Indonesia. Selain itu, muatan buku ini diharapkan dapat memberikan panduan dalam menganalisa dan menentukan kapasitas PLTS atap yang optimal.

Panduan ini disusun sesuai dengan tahapan proses perencanaan dan pemanfaatan PLTS atap. Muatan panduan ini terdiri dari dua bagian, seperti ditunjukkan pada skema berikut:

Panduan ini diperuntukkan bagi dua kategori pengguna, yaitu:
1. Pembaca yang perlu memahami konsep PLTS atap, tetapi tidak perlu mengetahui detail teknis perencanaannya. Pembaca dalam kategori ini diharapkan dapat terbantu dengan membaca Bagian A Panduan. Misalnya pelanggan PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero yang tertarik untuk memasang PLTS atap, dan akan meminta Badan Usaha Pembangunan dan Pemasangan PLTS untuk melakukan teknis perencanaan dan perancangannya.
2. Pembaca yang perlu memahami konsep serta mengetahui teknis perencanaan dan perancangan PLTS Atap. Pembaca dalam kategori ini, dapat memperoleh konsep utama PLTS atap pada Bagian A Panduan, serta mengetahui teknis perencanaan dan perancangan PLTS pada Bagian B Panduan. Misalnya pemerintah daerah yang perlu mengawasi penyusunan studi kelayakan oleh konsultan, serta menyusun dokumen lelang pemasangan PLTS atap.

Untuk mengakomodasi dua kategori pembaca tersebut, maka beberapa poin penting dijelaskan secara berulang, tetapi dengan maksud untuk tetap memberikan konteks ketika menjelaskan bagian yang lebih teknis.

Unduh buku panduan ini pada tautan berikut : Buku Panduan Perencanaan dan Pemanfaatan PLTS Atap di Indonesia

Sumber resmi : https://www.iced.or.id/en/resources/publications/


Contact Center