Korsup KPK dan Kementerian ESDM Bisa Lahirkan Pengelolaan Energi Yang Lebih Baik

Kamis, 7 April 2016 | 12:53 WIB | Nicko Yoga Permana

EBTKE-- Koordinasi dan Supervisi (Korsup) sektor energi diharapkan akan membawa dampak yang positif dalam pengelolaan energi.

"Belajar dari pengalaman Korsup Minerba yang sudah mampu melahirkan pengelolaan mineral dan batubara lebih baik, sektor energi diharapkan bisa menghasilkan yang sama,"kata Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Teguh Pamudji dalam sambutannya di acara Koordinasi dan Supervisi (Korsup) Sektor Energi kedua di Balikpapan, Rabu, 06 April 2016.

Dia menjelaskan, Korsup sektor minerba berhasil mampu memperbaiki tatakelola pertambangan mineral dan batubara baik yang menyangkt aspek perijinan, kewajiban keuangan, monitoring produksi, kewajiban pengelohan juga pemurnian serta monitoring dan evaluasi sekaligus pengawasan yang terkait dengan pengangkutan dan penjualan komoditi minerba

"Pelaksanaan korsup juga harus mampu membawa pesan yang kuat bahwa memang terdapat berbagai persoalan dalam mengelola energi baik yang terkait aspek regulasi maupun aspek teknis operasional sehingga perlu dilakukan monitoring dan evaluasi di daerah-daerah,"tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KPK Agus Rahadjo menyatakan, Korsub Energi diharapkan dapat memperbaiki tata kelola minyak dan gas bumi, mineral, batubara, listrik dan energi baru terbarukan. Semua pihak terkait diharapkan berkomitmen dan memiliki kesadaran yang tinggi untuk memperbaiki tatakelola sektor energi untuk mewujudkan kedaulatan energi.

“KPK akan membantu Kementerian ESDM menyusun langkah-langkah yang konkret untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan energi yang melibatkan lintas sektor. Mudah-mudahan pendampingi KPK itu bisa mempengaruhi jalannya koordinasi dan supervisi,” kata dia.

Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Korsup Sektor Energi akan memfokuskan kegiatan pada tujuh kegiatan yakni penataan perijinan, pelaksanaan kewajiban para pihak, pengawasan dan pengendalian, pengembangan dan integrasi data dan informasi, pemenuhan hak-hak masyarakat, penataan regulasi dan kelembagaan.

Korsup Energi akan dilaksanakan di tujuh lokasi yaitu Pekanbaru, Balikpapan, Sorong, Lombok, Surabaya, Palembang dan DKI Jakarta serta dihadiri para pejabat Eselon I di lingkungan Kementerian ESDM.


Contact Center