Pembangkit Terbesar Dunia Akan Dibangun Di Lokasi Chernobyl

Selasa, 2 Agustus 2016 | 17:30 WIB | Ferial

EBTKE--Lokasi krisis nuklir paling terkenal di dunia (Chernobyl) sekarang sedang dipertimbangkan untuk dibangun menjadi lokasi pembangkit listrik tenaga surya terbesar di dunia. Pembangkit listrik tenaga Nuklir Chernobyl, Ukrania mengalami kecelakaan Nuklir pada tanggal 26 April 1986.

Sejak saat itu, area mencakup 1.600 mil persegi dinyatakan menjadi zona eksklusi dikarenakan tingkat radiasi tinggi yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan manusia.

Menteri Lingkungan Hidup Ukraina, Ostap Semerak mengatakan, pemerintah saat ini sedang bernegosiasi dengan dua perusahaan investasi asal Amerika Serikat dan empat perusahaan energi Kanada, yang tertarik untuk melakukan kerjasama pada pelaksanaan proyek tersebut.

Menurut PVTech, pemerintah Ukraina menargetkan pelaksanaan proyek ini akan selesai dalam waktu 6 bulan dan dibutuhkan bermacam sumber daya yang signifikan terkait dengan rentang waktu tersebut. Proyek pembangkit listrik tenaga surya 1 Gw ini akan menjadi yang terbesar di dunia. Saat ini ada beberapa proyek serupa yang sedang dalam proses pembangunan diantaranya di Mesir, India, Uni Emirat Arab, dan China.

“lokasi Chernobyl memiliki potensi yang bagus untuk menjadi lokasi pembangkit energy terbarukan (tenaga surya)". Menteri Lingkungan Hidup Ukraina, Ostap Semerak menyatakan pada wawancaranya di London, “Kami sudah memiliki jalur transmisi tegangan tinggi yang sebelumnya digunakan untuk pembangkit listrik tenaga nuklir , harga tanah yang murah dan sumber daya manusia yang terlatih untuk bekerja di sektor pembangkit listrik . Kami memiliki standar hidup layaknya Negara Negara Eropa, yang berarti memiliki standar terbaik terkait dengan lingkungan dan ambisi akan energi yang bersih.

Sumber : https://electrek.co


Contact Center