Teken MoU Dengan Unpad, Tingkatkan Sumber Daya Manusia Di Bidang Panas Bumi

Kamis, 9 Maret 2017 | 13:26 WIB | Nicko Yoga Permana

EBTKE --  Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (Ditjen EBTKE) diwakili oleh Direktorat Panas Bumi meneken nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan Universitas Padjajaran (Unpad) yang diwakili oleh Fakultas Teknik Geologi (FTG).
 
MoU diteken oleh Direktur Panas Bumi, Yunus Saefulhak dengan Dekan Fakultas Geologi Unpad Vijaya Isnaniawardhani.

Masa berlaku MoU adalah selama dua tahun dimulai dari tanggal penandatanganan dan dapat ditambahkan apabila diperlukan.

 Penandatanganan nota kesepahaman itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Geothermal Goes to Campus (GGTC).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai panas bumi, memasyarakatkan panas bumi melalui peran serta mahasiswa, serta menjadi jembatan penghubung antara mahasiswa dengan perusahaan panas bumi.

GGTC terdiri dari kuliah umum dan/atau kuliah tertentu yg dilakukan di program studi khusus.

"Dengan ditandatanganinya MoU ini diharapkan di Unpad nantinya dapat mengimplementasikan adanya pengajaran dari praktisi yang diajarkan kurikulum tidak saja di Fakultas Geologi tetapi juga di fakultas teknik lain,"kata dia dalam sambutannya.

Menurut dia, Indonesia dapat menjadi centre of excellence bidang panas bumi dengan dukungan universitas dan citivas akademika.


Pada kesempatan yang sama, Vidjaya Isnaniawardhani mengatakan sangat menyambut baik acara ini karena dapat memberi kesempatan rekan - rekan akademisi untuk membuka wawasan mengenai panas bumi (geothermal). (Rakhma)


Contact Center