Ditjen EBTKE Kembali Serahkan Aset Infrastruktur EBTKE Kepada Pemerintah Daerah

Rabu, 25 Juli 2018 | 15:48 WIB | Humas EBTKE

YOGYAKARTA – Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, hari ini (25/7) menyerahkan sebanyak 316 unit pembangkit listrik berbasis EBT yang tersebar di 5 kabupaten (5 provinsi) kepada Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Daerah/Pemerintah Kota dengan nilai aset sekitar Rp 10,25 miliar.

"Serah terima ini merupakan sarana untuk mewujudkan pengelolaan barang milik negara di lingkungan Direktorat Jenderal EBTKE yang efisien, efektif dan akuntabel, khususnya Barang Milik Negara (BMN) yang dari awal pengadaannya direncanakan untuk dihibahkan kepada Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam akses energi dan penyediaan air bersih," ungkap Sekretaris Direktorat Jenderal EBTKE, Wawan Supriatna.

Infrastruktur EBTKE yang diserahterimakan pada kesempatan ini diantaranya 1 unit PLTS Terpusat masing-masing di Gorontalo dan Riau, 2 unit penyambungan PLT Hybrid di Kalimantan Utara, 50 unit PJU Tenaga Surya di Sumatera Utara, dan barang hibah ADB untuk PJU Retrovit Kabupaten Batang Jawa Tengah.

Pembangunan infrastruktur tersebut berasal dari APBN Kementerian ESDM dan dicatat dalam SIMAK BMN sebagai barang persediaan dan diserahterimakan setelah pembangunan selesai dilaksanakan untuk dimanfaatkan secara optimal demi kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah berharap pemanfaatan tersebut dapat membantu peningkatan keekonomian daerah penerima hibah dan secara konsisten Pemerintah Kabupaten/Kota berkomitmen untuk memelihara infrastruktur yang telah dihibahkan dengan baik.

Pada kesempatan yang sama, Wawan menyampaikan alternatif pengelolaan aset yang telah diserahkan Pemerintah agar tetap berkelanjutan, antaralain menyerahkan pengelolaan melalui lembaga yang sudah dimiliki oleh daerah BUMD untuk kapasitas besar dan BUMDes untuk kapasitas kecil di perdesaaan, menyerahkan langsung ke masyarakat setempat dengan Kelompok Masyarakat ataupun Koperasi, serta kerjasama pengelolaan antara PLN dan Dinas setempat yang berwenang.

"Saya berharap hibah barang milik negara yang diserahterimakan hari ini dapat diterima dengan baik, dioperasikan dan dapat digunakan secara berkelanjutan, serta acara dapat berlangsung dengan lancar sesuai dengan prosedur serah terima hibah barang milik negara," pungkasnya. (RWS)


Contact Center