550 Unit Penerangan Berbasis EBT Dibangun di Pulau Bangka

Kamis, 14 Februari 2019 | 12:25 WIB | Humas EBTKE

BANGKA SELATAN – Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) merupakan solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun yang sudah teraliri listrik PLN. PJU-TS ini manfaatnya dapat mengurangi konsumsi listrik di daerah dan mengurangi pembebanan biaya pengeluaran didaerah. Hal ini disampaikan oleh  Direktur Pembinaan Program Minyak dan Gas Bumi, Soerjaningsih selaku wakil dari Kementerian ESDM yang secara simbolis menyerahkan infrastruktur PJU-TS kepada Pemerintah Daerah Bangka Belitung, Kamis (14/2). Dengan adanya bantuan PJU-TS ini diharapkan akan membantu masyarakat dalam beraktifitas pada malam hari.

Pada kesempatan yang sama, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka Selatan menghimbau masyarakatnya untuk menjaga lampu-lampu Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang telah dibangun oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). "Saya harap Bapak Ibu dapat menjaga lampu-lampu PJU-TS yang telah diberikan Kementerian ESDM karena ada beberapa infrastruktur di Bangka ini yang rusak dan perangkatnya dicuri orang tetapi infrastrukturnya masih ada," ungkap Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan ESDM, Budi Setyo, mewakili Bupati Bangka Selatan. Lebih lanjut Budi mengungkapkan bahwa di Bangka Selatan masih terdapat pulau-pulau kecil yang berpenghuni namun belum mendapatkan penerangan, kalaupun ada masih sangatlah minim.

Soerjaningsih menuturkan telah dibangun PJU-TS pada 21.864 titik di 26 Provinsi Indonesia. Provinsi Bangka Belitung sendiri mendapatkan alokasi pembangunan PJU-TS sebanyak 550 unit yang tersebar pada 5 kabupaten. Kabupaten-kabupaten tersebut yaitu Kabupaten Bangka 250 unit, Kabupaten Pangkal Pinang 50 unit, Kabupaten Bangka Tengah 150 unit, Kabupaten Bangka Selatan 50 unit, dan Kabupaten Bangka Barat 50 unit. Pembangunan PJU-TS di Provinsi Bangka Belitung merupakan usulan dari pemerintah kabupaten yang diinisiasi oleh Anggota Komisi VII DPR RI salah satunya Eko Wijaya.

Menguatkan himbauan Pemda Bangka Selatan, Soerjaningsih juga mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga infrastruktur yang telah dibangun Ditjen EBTKE tersebut. "Mengingat PJU-TS ini dibangun dengan anggaran yang cukup besar dan menggunakan APBN, kami harap agar aset ini dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat," pungkasnya. (RWS/DLP)


Contact Center