PJU-TS Dukung Peningkatan Aktivitas UMKM di Ponjong Gunung Kidul

Senin, 18 Februari 2019 | 09:05 WIB | Humas EBTKE

GUNUNG KIDUL - Kecamatan Ponjong yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan salah satu daerah pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS), yang dibangun pada tahun 2018, dengan sebaran pembangunan PJU-TS berada pada 30 titik lokasi. Sebelum ada PJU-TS, masyarakat Kecamatan Ponjong hanya mengandalkan penerangan swadaya dari rumah ke rumah dan menyalurkan listriknya untuk penerangan lampu dekat jalan raya. Meski demikian, lampu yang dihasilkan masih kurang terang dan belum bisa mendukung aktivitas masyarakat pada malam hari secara optimal. Mata pencaharian masyarakat Ponjong sendiri beragam, ada yang pertanian, perindustrian dan pelaku UMKM.

Camat Ponjong, Johan Eko mengungkapkan bahwa setelah pembangunan PJU-TS selesai dan dapat dimanfaatkan, aktivitas warga semakin berkembang dan bervariasi. "Dulu hanya 2 atau 3 orang yang memasarkan dagangannya. Sekarang sudah semakin banyak pelaku UMKM. Disini ada Desa Umbul Rejo selaku Desa Wisata," tutur Johan. UMKM di Ponjong bervariasi, diantaranya ada yang menjual makanan untuk oleh-oleh dan tas Rajut. Johan berharap kehadiran PJU-TS mampu menambah geliat ekonomi Kecamatan Ponjong karena keberadaan beberapa potensi wisata Desa Umbul Rejo seperti Waduk Beton Ponjong, Goa Cokro, Goa Gremeng dan Plalar.

Johan juga mengungkapkan, sejak kehadiran PJU-TS, angka kenakalan remaja di wilayahnya semakin menurun. "Sekarang angka kenakalan remaja semakin menurun karena sudah tidak pernah berkumpul ditempat-tempat gelap, jadinya kita mudah mengawasi aktivitas anak-anak tersebut," ujarnya.

Untuk menjangkau Kecamatan Ponjong, diperlukan waktu tempuh sekitar 90 menit dari Kota Yogyakarta. Secara geografis, Kecamatan Ponjong terletak di sebelah timur wilayah Gunung Kidul dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. Topografi daerah Ponjong termasuk yang bervariasi dibanding daerah lain di Kabupaten Gunung Kidul karena ada sebagian wilayah ada yang keadaannya berbukit, sebagian lagi berada di wilayah pengembangan Ledok Wonosari yang tanahnya didominasi bahan induk batu kapur, dan sisanya masuk dalam wilayah pengembangan Gunung Seribu yang memiliki daya tarik pariwisata.

Pekan lalu (16/2), secara simbolis Kementerian ESDM menyerahkan 330 unit Penerangan Jalan Tenaga Surya (PJU-TS) kepada Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Untuk selanjutnya insfrastruktur tersebut akan dikelola dan dipelihara oleh Pemkab Gunung Kidul. Selain Ponjong, PJU-TS yang dibangun Kementerian ESDM di Gunung Kidul juga terpasang di Kecamatan Wonosari, Tanjungsari, Tepus, dan Playen. Beberapa titik diantaranya terpasang di Ruas Simpang Tiga Ngawu-Jembatan Getas yang menghubungkan Wonosari-Jogjakarta dan Ruas Simpang Tiga Pantai Baron-Pantai Pulang Syawal.

"Mengingat PJU-TS ini dibangun dengan anggaran yang cukup besar dan menggunakan dana APBN, kami harap agar bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan dirawat dengan baik, sehingga dapat memberikan manfaat yang besar untuk meningkatkan taraf hidup dan ekonomi masyarakat," ungkap Dr. Antonius Ratdomopurbo (Purbo), mewakili Menteri ESDM saat menyerahkan PJU-TS tersebut yang dilangsungkan di lokasi sumur bor Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong. (RWS)


Contact Center