Penerangan Berbasis Surya Terangi Masyarakat Wajo

Jumat, 8 Maret 2019 | 11:20 WIB | Humas EBTKE

WAJO – Warga Desa Bulu Siwa, Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan mengungkapkan rasa syukurnya atas pemasangan Penerangan Jalan Tenaga Umum Surya (PJU-TS) sebanyak 363 unit yang dibangun tahun 2018. Infrastruktur ini sangat membantu aktivitas warga pada malam hari, yang sebelumnya gelap gulita. "Kami bersyukur sekali tadinya takut kalau keluar malam sekarang setelah adanya lampu jalan ini sudah banyak yang keluar malam, kami berharap kalau bisa ditambah lagi karna masih banyak yang gelap. Terima kasih banyak atas infrastruktur ini karena sangat bermanfaat sekali untuk kami," ungkap Rustan, salah satu warga Desa Bulu Siwa yang ditemui pada acara simbolis penyerahan pada Kamis (7/3).

Mewakili Menteri ESDM, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian ESDM, Bambang Utoro menyebut bahwa hadirnya PJU-TS di Wajo ini sebagai wujud APBN yang dirasakan langsung oleh rakyat. "Setiap APBN yang dialokasikan untuk Kementerian ESDM itu separo lebih adalah untuk dibelanjakan kepentingan rakyat atau kembali ke rakyat. Dibawah semangat dan tagline #EnergiBerkeadilan artinya energi harus hadir dan dirasakan oleh masyarakat," tegas Bambang di hadapan warga Desa Bulu Siwa, Kecamatan Pitumpanua.

"Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Wajo berterima kasih kepada Kementerian ESDM karena telah hadir dengan program PJU-TS dan sumur bor," ungkap Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud pada kesempatan tersebut. Amran menuturkan bahwa Kabupaten Wajo berada di daerah terluar Propinsi Sulawesi Selatan dan merupakan wilayah yang belum terjamah PLN secara menyeluruh. "Wilayah kita juga merupakan wilayah yang belum terjamak PLN secara menyeluruh kita membutuhkan setitik cahaya ditengah kegelapan," ujarnya. Amran berharap agar program pengembangan dan pembangunan energi Kementerian ESDM dapat ditingkatkan di Provinsi Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Wajo.

Kementerian ESDM dengan dukungan Komisi VII DPR RI dan Pemerintah Daerah berkomitmen untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat yang berasal dari energi baru terbarukan salah satunya melalui pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya. Pembangunan PJU-TS di Kabupaten Wajo merupakan usulan Pemerintah Kabupaten/Kota yang juga termasuk didalamnya hasil inisiasi Anggota Komisi VII DPR RI, Andi Yuliani Paris. Wajo mendapatkan alokasi pemasangan PJU-TS pada tahun 2018 bersama dengan 14 Kabupaten/Kota lainnya di Propinsi Sulawesi Selatan dengan total sebanyak 1.977 titik.

"Sebelum adanya PJU-TS ini aktivitas di malam hari sangat sedikit terutama kegiatan ke Masjid Alhamdulillah setelah ada PJU saya lihat masyarakat banyak yang rajin ke Masjid karena sudah terang. Alhamdulillah jamaah nya sudah banyak, kami berharap kedepannya masih banyak PJU-TS yang dibangun, ini karena Lorong-lorong disini sangat gelap," tambah Mirullah, warga Desa Bulu Siwa yg lain. Pemerintah selanjutnya berharap infrastruktur tersebut dirawat dan dipelihara dengan baik agar pemanfaatannya dapat optimal. (RWS)


Contact Center