Pemerintah Serahkan 120 Unit PJU-TS Untuk Kabupaten Magelang

Rabu, 13 Maret 2019 | 16:15 WIB | Humas EBTKE

MAGELANG - Warga Desa Balekerto, Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang mengungkapkan rasa syukurnya atas pemasangan Penerangan Jalan Tenaga Umum Surya (PJU-TS) yang dibangun tahun 2018.  Infrastruktur ini sangat membantu aktivitas warga pada malam hari yang sebagian besar adalah petani dan buruh.

"Sebelum adanya PJU-TS ini, kegiatan di malam hari sangat sedikit, masyarakat khawatir untuk beraktivitas di malam hari. Namun dengan kehadiran PJU-TS ini sangat membantu masyarakat. Masyarakat tidak perlu khawatir apabila pulang malam lagi. Demikian pula dengan kegiatan keagamaan di malam hari sudah banyak", ungkap Kastholani Kepala Desa Balekerto Kecamatan Kaliangkrik, saat penyerahan simbolis PJU-TS Kabupaten Magelang yang dilaksanakan hari ini (13/3).

Pada kesempatan yang sama, anggota Komisi VII DPR RI, Ir H. Tjatur Sapto Edi, M.T, menyampaikan bahwa PJU TS sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan dunia untuk mengurangi efek rumah kaca. "PJU-TS adalah amanat dari Undang-Undang No. 30 Tahun 2007 tentang Energi dan komitmen Indonesia menghadapi perubahan iklim hasil persetujuan COP 24 di Polandia," tuturnya. Tjatur menambahkan bahwa sudah menjadi tugas bersama untuk mengurangi penggunaan energi fosil, dengan menggantinya dengan penggunaan energi EBT.

PJU-TS adalah lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi dan terintegrasi dengan baterai. Lampu PJU-TS ini sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau oleh listrik PLN dan juga daerah-daerah yang mengalami krisis energi listrik terutama di daerah terpencil karena sifatnya yang stand alone.

Mewakili Menteri ESDM, Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM, Hufron Asrofi, menyebutkan bahwa hadirnya PJU-TS di Desa Balekerto ini sebagai wujud APBN yang dirasakan langsung oleh rakyat. "Ini adalah komitmen Pemerintah agar APBN yang diamanahkan kepada kami dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat," ungkapnya.

Hufron juga menjelaskan bahwa di Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2018 telah dibangun PJU-TS sebanyak 2.611 titik, yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Program pemasangan PJU-TS ini merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian ESDM dengan dukungan Komisi VII DPR RI dan Pemerintah Daerah untuk menjalankan berbagai program kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat, dan berasal dari energi terbarukan. Pembangunan PJU-TS di Kabupaten Magelang merupakan hasil usulan Pemerintah Kabupaten/Kota dan merupakan hasil inisiasi Anggota DPR RI, Tjatur Sapto Edi.

Mewakili Bupati Magelang, Asisten III Kabupaten Magelang mengharapkan masyarakat dapat turut menjaga dan memelihara lampu PJU agar selalu bermanfaat dan program pengembangan dan pembangunan energi Kementerian ESDM dapat ditingkatkan di Provinsi Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Magelang. "Karakteristik listrik dari PLN memang murah, tapi murah itu karena adanya subsidi. Dengan penggunaan listrik dari EBT, kita berusaha mengurangi subsidi pemerintah," ungkapnya. (RWS)


Contact Center