Kementerian ESDM Terima Penghargaan Recognition of Excellent

Kamis, 18 Juli 2019 | 17:05 WIB | Humas EBTKE

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menerima penghargaan Recognition of Excellent (RoE) terkait Developing the Technology of Home Biogas dari OpenGov, suatu platform konten yang berfokus pada Information and Communication Systems/ICT. Penghargaan diserahkan oleh Mohit Sagar, Group Managing Director & Editor in Chief OpenGov Asia kepada Direktur Bioenergi, Andriah Feby Misna yang hadir mewakili Kementerian ESDM pada hari ini (Kamis, 18/7).

RoE adalah penghargaan OpenGov kepada institusi Pemerintah yang telah mencapai keunggulan dalam menggunakan ICT dan/atau yang telah menemukan cara baru untuk terlibat dan berkontribusi dengan masyarakat sehingga dapat memberikan layanan lebih maksimal, efektif, efisien dan transparan. Penghargaan tersebut didasarkan pada upaya inovatif yang dilakukan Kementerian ESDM di bidang teknologi untuk optimalisasi fungsi Pemerintah melalui layanan berbasis masyarakat dengan memanfaatkan sumber EBT yang ramah lingkungan dan berkelanjutan untuk masyarakat lokal melalui pengembangan sektor yang mandiri dan berorientasi pasar, yaitu biogas rumah tangga.

Pada kesempatan tersebut, Feby menjelaskan bahwa program biogas domestik di Indonesia menyediakan cara yang berkelanjutan dalam pengelolaan limbah ternak rumah tangga untuk mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kayu bakar tradisional dan bahan bakar fosil yang mahal. Pengembangan biogas rumah tentunya menguntungkan rumah tangga khususnya yang berpenghasilan rendah, memperkenalkan metode memasak yang cepat dan lebih sehat serta menciptakan pekerjaan dan bisnis yang berkelanjutan bagi masyarakat.

"Teamwork makes the dream work. Penghargaan ini tidak saja untuk Kementerian ESDM tetapi lebih kepada semua yang telah bekerja keras untuk pengembangan program biogas rumah tangga ini. Dengan bantuan mitra dan donor kami, kami akan terus melanjutkan program ini dan meningkatkannya menjadi program nasional," tutur Feby.

Selain Kementerian ESDM, OpenGov juga memberikan penghargaan kepada 11 pihak lain, yaitu Kementan, Kemenkeu, KKP, Ditjen Pajak, BPS, Pemprov Jabar, Pemprov DKI Jakarta, Pemkot Makasar, Bank Danamon,  BRI dan Bank OCBC NISP. Sebagai informasi, tahun 2018, OpenGov - Recognition of Excellence telah dilaksanakan di beberapa negara seperti Canberra, Jakarta, Kuala Lumpur, Manila, Melbourne, Perth, Singapura dan Sydney. Sementara pada tahun ini, acara kembali dilaksanakan di Jakarta dengan dihadiri oleh lebih dari 250 delegasi dari sektor Pemerintah dan menghadirkan sejumlah narasumber, baik lokal maupun internasional untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait pengembangan ICT.

Jakarta menjadi salah satu pilihan penyelenggaraan OpenGov - Recognition of Excellence karena Indonesia telah memulai perjalanan percepatan teknologi dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat melalui penerbitan berbagai program dan proyek di bidang pendidikan, pertanian, kedirgantaraan, dan perawatan. Arah strategi Pemerintah Indonesia juga telah mulai bergeser melalui digitalisasi layanan dan sistem publik hingga penerapan teknologi di berbagai industri untuk mempercepat ekonomi pertumbuhan dan kualitas hidup masyarakat. (RWS)


Contact Center