Kementerian ESDM Serentak Laksanakan Upacara dan Ziarah Makam Pahlawan Energi Indonesia

Kamis, 19 September 2019 | 11:15 WIB | Humas EBTKE

JAKARTA – Jelang Hari Pertambangan dan Energi ke-74 yang diperingati setiap tanggal 28 September, hari ini (19/9) Menteri ESDM, Ignasius Jonan, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Pimpinan Unit Eselon I Kementerian ESDM secara serentak melaksanakan Upacara dan ziarah makam para Pahlawan Energi Indonesia di berbagai lokasi. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pertambangan dan Energi ke-74 untuk menghormati jasa-jasa pahlawan dan pendiri Kementerian ESDM.

Menteri Jonan memimpin langsung Upacara dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta. Usai melaksanakan Upacara Penghormatan, Jonan melakukan ziarah ke makam Ibnu Sutowo (Menteri Minyak dan Gas Bumi tahun 19660), R. M. Soemantri Brodjonegoro (Menteri Pertambangan Tahun 1967-1973), Mohammad Sadli (Menteri Pertambangan tahun 1973-1978) dan ziarah ke makam 5 Pahlawan Revolusi. Pada kesempatan ini, Jonan juga kembali ziarah ke makam Presiden ke-3 Indonesia B. J. Habibie yang wafat 11 September 2019 lalu.

"Atas nama Keluarga Besar Kementerian ESDM, menyampaikan terima kasih kepada keluarga almarhum Soemantri Brodjonegoro, almarhum Ibnu Sutowo dan alamarhum Mohammad Sadli atas jasa dan perjuangan Beliau demi kemajuan sektor ESDM, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalas kebaikan mereka dengan balasan yang setimpal," ungkap Jonan.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar melakukan ziarah ke makam Arie Frederik Lasut di Tempat Pemakaman Umum Sasanalaya, Yogyakarta. Arie Federik Lasut merupakan pahlawan nasional yang pada 28 September 1945 mengambil tindakan berani dengan merebut kantor Chisitsu Chosasho (Jawatan Geologi) dari pihak Jepang. Sejak saat itu nama kantor diubah menjadi Pusat Jawatan Tambang dan Geologi.

Direktur Jenderal EBTKE, F.X. Sutijastoto memimpin ziarah ke makam Slamet Bratanata di TPU Tanah Kusir, Jakarta. Slamet Bratanata adalah Menteri ESDM keempat periode 1966 – 1967 pada Kabinet Ampera I (25 Juli 1966 – 17 Oktober 1967) di masa Pemerintahan Presiden Soekarno, yang kala itu bernama Menteri Pertambangan.

Secara bersamaan, kegiatan ziarah juga dilaksanakan oleh Sekretaris Jenderal KESDM di TPU Karet, Jakarta dan San Diego Hills Memorial Park, Karawang, Jawa Barat. Di TPU Karet, Sekjen KESDM, Ego Syahrial memimpin ziarah makam Chairul Saleh, Menteri Perindustrian Dasar dan Pertambangan tahun 1959-1960. Chairul Saleh merupakan Menteri pertama yang memimpin lembaga Pemerintah sebagai cikal bakal Kementerian ESDM. Sementara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM, Dadan Kusdiana memimpin ziarah ke makam Widjajono Partowidagdo (Wakil Menteri ESDM tahun 2011-2012). Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM IGN Wiratmaja Puja juga melakukan sembahyang bersama di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta untuk mendoakan Menteri Pertambangan dan Energi tahun 1993-1998, Ida Bagus Sudjana. (DLP)


Contact Center