Biogas : Mengolah Limbah Menjadi Berkah

Senin, 14 September 2020 | 11:10 WIB | Humas EBTKE

Teknologi biogas sudah dikenal di Indonesia sejak beberapa dekade yang lalu. Namun demikian pertumbuhan dan penggunaannya belum dapat dikatakan mencapai tahapan yang ideal. Program Biogas Rumah (BIRU) yang dicetuskan pada tahun 2009 oleh Hivos dan dijalankan oleh Yayasan Rumah Energi (YRE) dengan bantuan donor dari dalam dan luar negeri telah membantu memasyarakatkan teknologi biogas pada masyarakat di 10 provinsi di Indonesia.

Hingga Juni 2015, lebih dari 15.000 reaktor biogas yang dibangun oleh program BIRU sudah memberikan alasan bagi banyak orang untuk tersenyum karena berbagai hal positif yang didapatkan: Energi gratis dalam bentuk gas untuk memasak dan pencahayaan, rumah dan lingkungan yang bersih dari limbah dan kotoran, dan bertambahnya pemasukan dari pembangunan reaktor biogas itu sendiri dan pemanfaatan bio-slurry hasil dari ampas biogas.

Buku ini mengingatkan kepada kita bahwa energi terbarukan dalam bentuk biogas tidak hanya penting bagi masyarakat dari sisi ekonomi, namun juga strategis bagi isu-isu yang berhubungan dengan lingkungan dan diversifikasi penggunaan bahan bakar secara keseluruhan.

Unduh buku disini


Contact Center